Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Atjehpost.co) Nasir Jamil: Kedatangan JK, Kesempatan Bagi Pemerintah Aceh Tagih Janji

12/12/2018



Atjehpost.co - WAKIL Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, akan menghadiri puncak peringatan 10 tahun tsunami Aceh yang dipusatkan di lapangan Blang Padang Banda Aceh, Jumat 26 Desember 2014.

Kedatangan Wakil Presiden ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh pemrintah Aceh, untuk menagih kembali kewenangan Aceh pada pemerintah pusat yang hingga saat ini belum diwujudkan.

Hal ini disampaikan anggota DPR RI asal Aceh, Muhammad Nasir Jamil, di Banda Aceh, Kamis 25 Desember 2014. Nasir Jamil berharap dalam sambutannya pada peringatan tsunami besok (Jum’at), Gubernur Aceh Zaini Abdullah meminta kembali kepastian dari pemerintah pusat terkait dengan turunan Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA),  karena dikatakan Nasir sudah terlalu lama turunan UUPA yang menjadi kewenangan Aceh belum diwujudkan oleh pemerintah pusat.

“Gubernur harus meminta kepastian kepada pemerintah pusat terkait turunan UUPA,  karena ini sudah terlalu lama. Dibandingkan UUPA  yang disahkan tahun 2006, dan sekarang sudah 2014, artinya sudah delapan tahun Aceh menunggu,” ujar politisi PKS ini. Nasir menyebutkan aturan-aturan mengenai kewenangan Aceh perlu disegerakan oleh pemerintah pusat, misalnya tentang pengelolaan migas, kemudian terkait pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dengan daerah.

“Karena ini bicara apa yang bisa dilakukan daerah dan dan apa yang harus dilakukan oleh pusat, karena semua harus ada aturannya,” ujar anggota komisi III DPR RI ini. Nasir menegaskan penyelesaian seluruh turunan Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA)  menjadi kewajiban pemerintah pusat sebagai hutang yang harus segera dibayar. “Itu  hutang, dan hutang itu harus dibayar oleh pemerintah pusat untuk menyelesaikan turunan UUPA,” katanya.

Nasir menilai Jusuf Kalla sebagai orang yang tepat bagi Pemerintah Aceh untuk menagih semua hutang tersebut mengingat JK sebagai salah satu tokoh yang ikut memmbidani lahirnya perdamaian di Aceh ini. “Kita berharap gubernur Aceh menagih janji-janji ini kepada JK, karena sekarang beliau kembali ada dipoisisi Wapres,” kata politisi PKS asal Aceh ini.[]