Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(CNN) Alternatif Solusi Berupa Toko Khusus Minuman Alkohol Wajib Punya Izin Khusus

12/12/2018



Setelah mengeluarkan larangan penjualan minuman beralkohol di mini market, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel berencana mengeluarkan aturan baru berupa surat izin khusus distributor untuk toko yang menjual minuman beralkohol.

"Kita akan mengeluarkan izin khusus menjual minuman beralkohol. Ini step selanjutnya. Khusus toko tertentu yang hanya boleh menjual minuman beralkohol," ujar Gobel dalam konferensi pers World Economic Forum di Jakarta, Selasa (21/4).

Nantinya, lanjut Gobel, distributor dan agen yang memiliki izin khusus harus melaporkan alur distribusi minuman dari perusahaan ke toko yang memang diizinkan menjual produk minuman beralkohol.

"Karena selama ini kita tidak tahu berapa banyak yang dijual dan didistribusikan berapa baik di dalam maupun di luar minimart, kalau dijual di restauran sih tidak apa-apa, karena dia bayar pajak," katanya.

Gobel mengklaim, usulan untuk mengatur bisnis perusahaan minuman beralkohol ini sudah mendapat persetujuan dari pelaku industri. Dia mengutip pertemuannya dengan produsen bir Bintang Minggu (19/4) kemarin.

"Mereka sepakat untuk mengatur kembali sistem distribusi baru yang bisa dikontrol oleh pengusaha dan pemerintah," katanya.

link asli: http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20150421180832-92-48230/toko-khusus-jual-miras-bakal-diwajibkan-punya-izin-khusus/

 

coverage berita terkait RUU LMB dan segala hal pengetatan alkohol:

http://en.tempo.co/read/news/2015/04/19/056658871/Trade-Ministry-Liquors-Still-Sold-at-Tourist-Destinations

 

http://wikidpr.org/news/tempo-editorial-liquor-restriction-

 

http://wikidpr.org/news/wikidpr-pertegas-peraturan-menteri-tentang-pembatasan-miras-baleg-dpr-percepat-bahas-ruu-lmb

http://wikidpr.org/news/wsj-special-minimart-beers-for-foreigners-in-bali-alternative-option-after-ministry-decree-and-banning-alcohol-law

http://wikidpr.org/news/bloomberg-jakarta-post-beer-today-gone-tomorrow-2015-priority-legislation-includes-banning-alcohol