Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(CNN) Di Kediaman Hatta Rajasa, Kesepakatan Damai KIH-KMP Dirampungkan

12/12/2018



Perdamaian antara dua poros besar yang ada di DPR akhirnya menjadi kenyataan. Sebuah pertemuan yang digelar, Rabu (12/11) siang, di kediaman Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa, menjadi puncak kesepakatan antara dua koalisi.

kepada media, Hatta mengatakan semua hal yang sebelumnya dipertentangkan sudah bisa diselesaikan dengan baik. Semuanya, katanya, bisa dicapai dengan sebuah kesadaran akan menumpuknya tugas-tugas konstitusional antara pemerintah dan DPR. “Semua perlu koordinasi yang solid, pekan ini semua sudah bisa dirampungkan,” katanya.

Hingga saat ini, diakui Hatta, tak ada lagi hal yang krusial. Masing-masing sudah ada di titik temu yang sama. “Rencananya akan kami tuangkan dalam sebuah kesepakatan dalam satu hari ini,” katanya.

Dalam beberapa pekan belakangan, perseteruan antar dua kubu Koalisi Merah Putih dan Koalisi Indonesia Hebat meruncing. Puncak dari perseteruan itu ketika Koalisi Indonesia Hebat membuat ancaman DPR tandingan. Namun beberapa pertemuan digelar sejak beberapa hari belakangan dan berpuncak hari ini. Hasilnya, kata Hatta, “prinsinya sudah tercapai, sudah bersatu dan tercapai perdamaian.”

Yang perlu dilakukan saat ini, kata Hatta, tinggal merumuskan tata tertib soal segala macam teknis kerja legislasi. “Terpenting adalah bagaimana caranya Koalisi Indonesia Hebat terakomodir dalam kelengkapan dewan. Operasionalnya diserahkan ke fraksi-fraksi,” katanya.

Hatta enggan menjawab soal kemungkinan adanya kocok ulang alat atau pimpinan kelengkapan dewan. “Jangan seperti itu, nanti ada distorsi,” katanya.

Nada sumringah juga meluncur dari mulut perwakilan Koalisi Indonesia Hebat, Pramono Anung. Menurut Pram pertemuan yang digelar di rumah Hatta merupakan pertemuan yang paling manjur demi perdamaian dua kubu koalisi di DPR. “Kami yakin Kamis atau Jumat sudah selesai,” katanya.

Besök rencananya, kata Pram, Hatta bakal meluncur ke Gedung DPR RI. Kemungkinan lawatan calon wakil presiden yang gagal meraih suara terbanyak itu akan dilakukan pada tengah hari bolong. “Semua ketua umum sudah bertemu, perdamaian ini sudah selesai,” kata Pramono.