Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(CNN) Gaya Canda Petinggi Koalisi Merah Putih

12/12/2018



Malam nyaris melarut. Namun suasana hiruk pikuk terjadi di kediaman Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Hatta Rajasa, yang terletak di bilangan Jakarta Selatan, pada Jumat (14/11).

Gelak tawa mewarnai perbincangan para tokoh yang hadir. Sebagian berbalut batik, lainnya berkemeja rapi. Ada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, tuan rumah Hatta Rajasa tentunya, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Umum PKS, Anis Matta, Fadli Zon, Ketua Umum PPP Suryadharma Ali dan tak ketinggalan, Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham.

CNN Indonesia yang hadir dalam helatan penting di tengah kondisi berseterunya dua koalisi di DPR, melihat Prabowo Subianto membincang sesuatu dengan Idrus Marham. Setelah dicermati, obrolan mereka ihwal sikap Koalisi Merah Putih  terhadap permintaan revisi UU MD3.

Tak lama berselang, konferensi pers dimulai.

Para ketua umum partai dari KMP tampak sibuk mencari posisi tempat duduk, Hatta Radjasa selaku tuan rumah pun didapuk menjadi juru bicara kepada para wartawan. Saat kesibukan mencari tempat duduk itu, sebuah adegan tak biasa sempat terekam penglihatan.

Lantaran kursi cukup penuh, Idrus Marham menyisir bangku kosong yang tersisa. Namun sayang celah di antara para pemuka partai itu sempit. kemudian Idrus melihat sebuah celah lihat ada dekat tempat duduk Prabowo. Kebetulan Prabowo malam itu duduk bersebelahan dengan Hatta.

Entah kenapa, Idrus langsung saja duduk dekat Prabowo, tanpa memperhitungkan seberapa luas tempat yang ia duduki itu. Alhasil, ia pun tak berhasil duduk dengan genah.

Yang paling mengejutkan kemudian datang dari mulut Prabowo. Kepada Idrus yang sedang bingung, tiba-tiba Prabowo berseloroh, “Kamu sini mau saya pangku?”

Sedetik setelah itu, tawa pun pecah. Sadar ditertawakan, Idrus ikut tertawa dan memilih untuk mencari bangku lain.

Suasana pertemuan sangat hangat dan cair. Seluruh tokoh partai yang hadir tampak puas dengan keputusan menolak revisi UU MD3, Hatta mengatakan bahwa keputusan ini bukan lagi keputusan partai tapi untuk mempertahankan hak-hak yang memang harus dimiliki oleh para anggota dewan.

Pada malam yang hangat itu, Prabowo yang terkenal dingin pun tampak sangat hangat.  

“Pegangan tangan melulu kayak iklan saja,” ujar Prabowo yang diiringi dengan tertawa pada saat wartawan meminta para petinggi KMP melakukan sesi foto sambil berpegangan tangan.

Sebelum acara dimulai Prabowo pun kembali berseloroh, “Ayo kita mulai segera rumahku jauh loh di Puncak,” ujar Prabowo yang kembali tertawa.

Di tengah kecabuhan politik parlemen yang kian hari semakin melarutkan pikiran, gaya bercanda para pemuka koalisi terasa cukup ringan dan melegakan.

Meski, potensi gesekan dengan koalisi lawan masih tak terelakkan, gaya becanda para elit KMP cukup mencairkan suasana.