Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(CNN) Ketua BPK Janji Mengawal Pengawasan Pemakaian Dana 1 Triliun untuk Parpol

12/12/2018



Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Harry Azhar Aziz memastikan bakal melakukan investigasi terkait dengan wacana Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang mengusulkan kucuran dana Rp1 triliun untuk setiap partai politik dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Menurut Harry, jika ide Tjahjo itu direalisasikan oleh pemerintah, maka BPK akan turun tangan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh guna menghindari dugaan penyelewengan dana atau tindak pidana korupsi.

"Jika itu terwujud, maka nanti kita periksa di tahun 2016," ujar Harry di Gedung BPK Jakarta, Rabu (11/3).

Harry menjelaskan, pemeriksaan itu perlu dilakukan untuk menelisik potensi terjadinya penyimpangan kucuran atau penerimaan dana. Pemeriksaan itu nantinya bisa mengontrol sekaligus mengungkap besaran anggaran sesuai dengan yang diwacanakan.

"Jika jatahnya Rp 1 triliun tapi yang masuk malah Rp 1,5 triliun, itu berarti ada penyalahgunaan," ujar Harry.

Tjahjo sebelumnya menggulirkan wacana pembiayaan partai politik sebesar Rp 1 triliun yang bersumber dari APBN sebagai bentuk kebijakan jangka panjang.

Menurut dia, wacana itu perlu mendapat dukungan dan dipikirkan oleh DPR serta elemen masyarakat pro-demokrasi. Tujuannya, kata Tjahjo, untuk meningkatkan transparansi, menekan korupsi politik dan penguatan demokrasi.

 

 

link asli: http://www.cnnindonesia.com/politik/20150311194009-32-38488/bpk-janji-kawal-dana-rp-1-triliun-untuk-parpol/