Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(CNN) Menteri ESDM Sudirman: DPR Diharap Tak Ganggu Kerja SKKK Migas

12/12/2018



Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said berharap seluruh pihak dapat bekerjasama dan mendukung program pemerintah memperbaiki industri minyak dan gas bumi nasional. Sambil menahan emosi, Sudirman meminta secara khusus kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk tidak lagi mengganggu tim yang dipimpinnya.

“Tugas saya dan Pak Amien Sunaryadi (Kepala SKK Migas) berat. Kami harus membenahi sistem, mencapai target yang ditetapkan, dan mengoptimalkan pendapatan negara. Untuk itu jangan ganggu tim saya, jangan berikan banyak beban. Saya mohon kepada DPR, dan semua pihak terkait untuk membantu kami. Maaf kalau saya agak emosional,” ujar Sudirman dihadapan pegawai SKK Migas yang menyaksikan serah terima jabatan Kepala SKK Migas yang baru di Jakarta, Jumat (21/11).

Sudirman tidak menjelaskan mengapa dia enggan berurusan dengan DPR yang secara implisit disebutnya kerap mengganggu pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM dalam bertugas. Mantan Direktur Utama PT Pindad (Persero) hanya mengatakan, “Enough is enough, sudah cukup main-mainnya. Sekarang saatnya play the real game,” ujar Sudirman.

Sejak pertama kali pemerintah mengumumkan ditunjuknya Amien Sunaryadi sebagai Kepala SKK Migas yang baru menggantikan Pelaksana tugas Kepala SKK Migas Johannes Widjanarko, Ketua Komisi VII DPR Kardaya Warnika memang langsung melontarkan kritik.

Menurut Kardaya yang juga pernah menjabat sebagai Kepala BP Migas (bentuk terdahulu dari SKK Migas) di era Menteri Purnomo Yusgiantoro, minimnya pengalaman dan pengetahuan sektor minyak dan gas bumi (migas) yang dimiliki Amien Sunaryadi akan menjadi penghambat utama dalam membenahi sektor hulu migas seperti yang diinginkan pemerintah.

“Kepala SKK Migas itu harus profesional dan berpengalaman artinya harus mengerti betul operasi kegiatan migas di bidang hulu. Bahkan dulu waktu SKK masih berbentuk BP Migas, untuk menjadi Kepala itu minimal punya pengalaman 10 tahun dan bekerja secara berkesinambungan di hulu migas,” ujar Kardaya.

Dia menambahkan, hal kedua yang menjadi kriteria ideal seorang Kepala SKK Migas adalah integritas individu tersebut.

“Hal lainnya, Kepala SKK Migas harus bisa mengerti sisi-sisi investasi di industri tersebut. Karena SKK Migas akan selalu berhubungan dengan investor. Saya hanya memberikan kriteria ideal saja, tidak mengomentari orang. Silahkan dianalisis sendiri,” ujar Kardaya yang juga pernah menjabat sebagai Kepala BP Migas.

Beruntung, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan dukungan sepenuhnya kepada Amien Sunaryadi. KPK berharap Amien bisa memimpin pengelolaan bisnis minyak dan gas tanpa intervensi kepentingan bisnis dan politik.

"Semoga Pak Amien Sunaryadi bisa menolak dan tegas dalam menghadapi intervensi kepentingan bisnis maupun politik," kata Deputi Pencegahan KPK Johan Budi Sapto Prabowo di Gedung KPK, kemarin.

Johan mengatakan intervensi kepentingan bisnis dan politik merupakan dua sumber masalah yang mesti dihindari. Besarnya modal yang ada dalam bisnis sektor minyak dan gas rentan menggoda para pejabat yang terkait dalam pemegang kebijakan. Sebagai mantan Wakil Ketua KPK, Johan berharap Amien bisa banyak berkoordinasi dengan lembaga antirasuah itu.