Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(CNN) Theo Sambuaga (Golkar): KIH-KMP Semakin Dekat

12/12/2018



 

Partai Golkar menyatakan peluang damai antara kubu PDIP dan koalisi Prabowo di parlemen telah terbuka. Kedua kubu saat ini terus menggelar komunikasi intensif untuk mencari solusi atas konflik mereka di DPR.

“Pendekatan terus dilakukan. (Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih) sampai sekarang masih berkomunikasi. Keduanya sudah lebih dekat,” kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar Theo L. Sambuaga kepada CNN Indonesia, Rabu (5/11).

Ia yakin dualisme DPR akan segera berakhir. Apalagi rakyat telah jenuh melihat konflik di DPR. Golkar yang berada dalam koalisi Prabowo pun ingin DPR tetap kompak. “Satu DPR. Oleh karena itu dialog terus dilakukan oleh pimpinan-pimpinan partai dan fraksi supaya semua cepat selesai dan alat kelengkapan dewan segera lengkap,” ujar Theo.

Partai Amanat Nasional sebagai anggota KMP membenarkan dialog intensif dengan KIH telah dibangun beberapa hari terakhir. “Semoga dalam waktu dekat sudah ada titik temu,” kata dia.

Selasa kemarin (4/11), legislator PDIP Aria Bima melakukan lobi politik dengan Ketua Harian Partai Demokrat Syarif Hasan. Dalam lobi itu, posisi Demokrat sebagai perwakilan KMP meski sesungguhnya partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu tak resmi masuk koalisi Prabowo.

Demokrat menawarkan solusi konkret kepada KIH berupa 16 kursi wakil ketua komisi. Sebab pembagian jatah pimpinan komisi inilah yang menjadi akar kemunculan DPR tandingan. KIH tidak mendapat satu pun kursi pimpinan komisi karena seluruhnya dikuasai oleh KMP.

“Mereka (KIH) bersedia tidak minta kursi ketua komisi. Hanya kursi wakil ketua komisi sebanyak 16,” kata Syarif Hasan. Keenam belas kursi itu akan dibagi di antara fraksi-fraksi KIH, yakni PDIP, PKB, NasDem, Hanura, dan PPP (kubu Romahurmuziy).

PDIP menyetujui usul Demokrat tersebut. “Kalau KMP menyepakati 16 wakil pimpinan komisi untuk kami, masalah selesai,” kata Aria Bima.

Sehari sebelumnya, Senin malam (3/11), politikus senior PDIP Pramono Anung telah lebih dulu menggelar lobi politik dengan koalisi Prabowo. Itu bukan lobi yang pertama, sebab lobi antara dua kubu sesungguhnya sudah dilakukan 10-15 kali secara diam-diam.

Dalam lobi itu Pram didampingi oleh Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, sedangkan KMP diwakili oleh Ketua DPR yang juga Bendahara Umum Golkar Setya Novanto, Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, dan Sekretaris Jenderal Golkar Idrus Marham.