Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Detik Finance) APBNP2015, Anggaran Pendidikan 409 Triliun, 62 Persen untuk Daerah

12/12/2018



Pada 2015, dana pendidikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tercatat sebesar Rp 409 triliun. Alokasi terbesar digunakan untuk pendidikan di daerah yaitu Rp 254 triliun atau 62%.

Demikianlah hasil rapat koordinasi pemerintah yang dibacakan oleh Menko Perekonomian Sofyan Djalil di kantornya, Jakarta, Selasa (13/1/2015).

"Kami barusan adakan rakor membicarakan masalah bagaimana mengevaluasi dan mengefisiensikan dana pendidikan yang terkait dengan daerah. Bagaimana dana itu bisa memberikan manfaat yang diinginkan," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan Dasar, Menengah, dan Kebudayaan Anies Baswedan menambahkan bahwa pendidikan di daerah memang diutamakan. Terutama dalam peningkatan kualitas yang masih kurang.

Rasio guru dan siswa secara nasional, menurutnya, sudah cukup baik dengan capaian 1:17. Akan tetapi tidak tersebar merata untuk pusat dan daerah.

"Dari Rp 254 triliun anggaran untuk tunjangan profesi guru Rp 70 triliun," kata Anies.

Sisanya anggaran dialokasikan untuk bantuan operasional sekolah, sarana dan prasarana sekolah, serta berbagai kelengkapan. "Tapi tetap prioritas khusus adalah untuk daerah-daerah tertinggal," sebut Anies.