Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Detik) FITRA: Dana Pembangunan Gedung Baru DPR Masuk Kategori Anggaran Siluman

12/12/2018



Jakarta, Detik.com - Rencana Dewan Perwakilan Rakyat membangun gedung baru tahun ini mendapat kritikan. Salah satunya datang dari Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA). Bahkan FITRA menyebut dana untuk pembangunan gedung baru DPR tersebut masuk kategori anggaran siluman. 

"Gedung DPR masuk kategori anggaran siluman. Di proses anggaran tidak ada dalam bentuk konkret pembangunan," kata Manajer Advokasi FITRA Apung Widadi di Jalan Mampang Prapatan IV, Jakarta Selatan, Selasa (28/4/2015).

Apung menyebutkan ada 3 masalah yang hampir mirip dengan rencana pembangunan gedung DPR pada tahun 2010. Pertama soal administrasi pembangunan yang tidak ada bahkan nilai pembangunan itu terkesan ditutupi.

"DPR sekarang ada indikasi sangat tidak transparan. Misalnya polisi parlemen rancangan ajah tapi anggaran tidak dipublikasi," terangnya.

Kedua adalah dugaan markup. Apung menjelaskan logika yang digunakan oleh pimpinan DPR untuk pembangunan gedung mirip dengan logika proyek. Apalagi pasca pemilu 2014, banyak pertai yang memerlukan dana segar.

"Apakah ini upaya pengambalian dana kampanye atau untuk Pilkada. Dulu PDIP, Gerindra, dan PKS tolak. Sekarang mereka jadi motor," kata Apung.

"Jadi seolah-olah kebijakan DPR bukan representasi 560 anggotanya tapi proyek oknum DPR," Apung menambahkan. 

(fiq/erd)