Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Detik) Komisi 9 Kunjungi Siloam dan Kalbe Farma Terkait Malpraktek Tertukar Obat

12/12/2018



Komisi IX DPR RI yang membidangi masalah kesehatan mengunjungi RS Siloam Karawaci dan Kalbe Farma terkait tewasnya dua pasien setelah menjalani operasi dan mendapat suntikan obat berlabel Buvanest Spinal. ‎Apa temuan dari kunjungan kerja itu?

"Belum ada kesimpulan. Diduga terjadi mixed up, tapi apakah kesalahannya di pabrik atau dokter karena ternyata ampulnya sangat mirip, belum (diketahui letak kesalahannya)," kata Wakil Ketua Komisi IX Pius Lustrilanang‎ yang memimpin kunjungan ke Kalbe Farma kepadadetikHealth, Jumat (20/2/2015).

Dalam tinjauannya, rombongan ‎ DPR mencermati prosedur yang berlaku di salah satu pabrik farmasi terbesar yang berada di Cikarang itu. Mereka lalu mencari tahu akar masalah dugaan tertukarnya isi obat antara obat anestersi Buvanest Spinal dengan Asam Tranexamat Generik.

Secara spesifik, para politisi Senayan itu meninjau fasilitas produksi larutan injeksi di Line 6 yang sementara berhenti beroperasi karena mencuatnya kasus dugaan tertukarnya isi obat dan menyebabkan dua orang tewas.

Pius mengatakan, semua hasil pengamatan terhadap pabrik Kalbe Farma juga tinjauan ke RS Siloam tempat korban sebelumnya dirawat, akan menjadi bahan masukan bagi Panja Pengawasan yang dibentuk Komisi IX.

‎"Ada upaya yang sudah dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan yang sama. Terutama menghentikan produksi, menarik barang yang sudah beredar kemudian menginformasikan seluasnya bahaya yang mungkin timbul dari ampul injeksi ini," ujar politisi Gerindra itu.