Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Detik) Ruhut Sitompul: Komisi 3 Ingin PIlih Kelima Pimpinan KPK Bersamaan

12/12/2018



Pasca kasus yang menjerat Antasari Azhar pemilihan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi dua kali. Pertama pemilihan satu calon pimpinan mengganti Antasari, dan tak lama kemudian pemilihan empat calon pimpinan lainnya.

Pada bulan ini misalnya, Dewan Perwakilan Rakyat mestinya melakukan pemilihan satu calon pimpinan KPK. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menyerahkan dua nama, yakni Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata ke DPR pada 16 Oktober lalu. Namun akibat konflik berkepanjangan antara Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih pemilihan satu calon pimpinan KPK terancam batal.

Anggota Komisi III DPR RI Ruhut Sitompul menyebut kemungkinan pemilihan calon pimpinan KPK baru mulai bisa dilakukan setelah 5 Januari 2015. Namun karena empat pimpinan lainnya juga akan mengakhiri masa jabatan pada pertengahan 2015, maka kemungkinan proses pemilihannya digabung jadi satu.

"Kalau pun dipilih mungkin digabung satu, dan kami ingin (dipilih) bareng-bareng," kata Ruhut saat berbincang dengan detikcom, Rabu (19/11/2014).

Alasannya menurut politisi dari Fraksi Partai Demokrat itu lebih pada masalah penghematan anggaran. "Ini kan jujur saja semua uang, mau penghematan. Itu biar siklusnya bersamaan, semenjak Antasari siklusnya jadi dua kali dan dua kali anggarannya. Sama besarnya anggarannya," kata Ruhut.