Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(DetikNews) Beropini Bela Novanto di Sidang MKD, Kahar Muzakir Dinilai 'Malu Tak Gentar'

12/12/2018



Jakarta - Anggota MKD dari Fraksi Golkar Kahar Muzakir beropini membela Ketua DPR Setya Novanto saat sidang pemeriksaan Menko Polhukam Luhut Panjaitan. Tindakan Kahar, sebagai 'hakim', dinilai tak berimbang.

Penilaian tersebut disampaikan Ahli Tata Negara dan Administrasi Negara UGM Zainal Arifin Mochtar dalam pesan singkat yang diterima detikcom, Selasa (15/12/2015). Lebih jauh Zainal menyebut tindakan kahar 'malu tak gentar'. 

"Orang bisa lihat betapa ndak berimbangnya cara pandang dia. Padahal syarat menjadi 'hakim' tentu saja imparsialitas. Kalau dia mau mengatakan seperti yang dia katakan kemaren, masukkan itu dalam putusan yang mau dia buat," ujar Zainal. 

"Kelihatan kalau orang-orang ini 'malu tak gentar'," lanjutnya. 

Zainal menambahkan, dari sidang MKD yang selama ini telah berjalan, MKD hanya bisa menggali sedikit fakta. Justru hal lain yang substantif lupa digali oleh Kahar dan kawan-kawan. 

"Kita saksikan betapa nda mutu persidangan itu. Karena hal subtantif akhirnya tergali secuil," tutur Zainal. 

"Pertanyaan sederhana semisal apakah wajar SN (Setya Novanto) bawa RC (Riza Chalid) ketemu Freeport? Apakah wajar dengan subtansi yang dibicarakan? Bahkan banyak hal lain yang nggak digali," pungkasnya.