Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(DetikNews) Gebrakan Ade Komarudin: Pansus DPR Dilarang Kunker ke LN!

12/12/2018



Jakarta - Ketua DPR Ade Komarudin melarang panitia khusus (Pansus) penyusun UU di DPR untuk melakukan kunjungan ke luar negeri. Namun, masih ada sejumlah pengecualian.

"Soal kunjungan ke luar negeri. Komisi I kan mitranya luar negeri.  BKSAP, tugasnya seperti itu. Tapi pansus, buat apa studi banding. Itu sudah dievaluasi. Diputus karena tidak produktif," kata Ade di Gedung DPR, Senin (11/1/2016).

Ade mengatakan bahwa pengkajian untuk pembuatan UU cukup dilakukan secara mandiri. Anggota bisa menggunakan internet saja.

"Tidak boleh kunjungan ke luar negeri untuk pansus. Dari internet bisa ketahuan," ucap Waketum Golkar kubu Aburizal Bakrie ini.

Selama ini DPR memang masih beberapa kali ke luar negeri untuk alasan misi diplomasi. Yang terdekat adalah delegasi DPR akan ke Sidang Tahunan ke-24 Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) pada tanggal 16-21 Januari 2016 di Vancouver, Kanada. Ada pula delegasi The 11th Session of Parliamentary Union of the OIC Member State (PUIC) tanggal 21-27 Januari 2016 di Irak.

Ade sendiri berkali-kali menyoroti kinerja legislasi DPR yang selama ini memble. Dia pun berjanji akan tancap gas.

"Jelas kurang produtkif. Banyak kegiatan politik yang kurang produktif. Capeknya kesedot kegiatan yang kurang produktif, hanya buat kegaduhan. Kuantitatif bisa diukur akhir taun. Saya akan genjot," ungkap anggota DPR dari Dapil Jabar VII ini.

Soal jumlah UU, Ade juga menyinggung peran pemerintah. Dia berharap ada sambutan baik pula dari eksekutif.

"Pembuatan UU bukan cuma tugas dewan, kalau hanya bertepuk sebelah tangan, tidak akan banyak UU," ujar Ade.