Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(DetikNews) Ini Penjelasan Ketua DPR Soal Dana Aspirasi Rp 11,2 Triliun

12/12/2018



Jakarta - DPR mengajukan anggaran dana aspirasi dapil sebesar Rp 11,2 triliun atau Rp 20 miliar per anggota di RAPBN 2016. Ketua DPR Setya Novanto mengungkapkan bahwa dana ini bagian dari kewajiban anggota yang menampung aspirasi.

"Karena dana masalah dapil ini memang menjadi suatu hal bagi anggota bisa mempunyai kewajiban di dalam melakukan program-programnya. Jadi program-program ini dengan dapil ini tidak dimiliki, tetapi semua diserahkan kepada pemerintah," kata Novanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/6/2015). 

Novanto menuturkan bahwa dana aspirasi ini dialokasikan untuk mewujudkan usulan-usulan dari anggota yang mendapat keluhan soal daerah pemilihannya. Dia menegaskan bahwa ini untuk kepentingan masyarakat.

"Jadi, anggota hanya mengusulkan. Jadi program-program itu berkaitan dengan untuk kepentingan masyarakat yang ada di desa-desa," ucap Waketum Golkar kubu Aburizal Bakrie ini. 

Angka Rp 20 miliar per anggota itu cukup besar. Novanto mengungkapkan bahwa pembahasannya akan melihat situasi masyarakat saat ini. Dia pun akan meminta masukan dari fraksi-fraksi.

"Tentu semuanya kita sesuaikan dengan situsasi-situasi yang ada, dan ini sedang pembahasan, dan hari ini kita akan liat perkembangannya," ujarnya. 

"Kita lihat kepada seluruh fraksi-fraksi yang ada, dan seluruh komisi yang terkait nanti kita lihat hasilnya," lanjut Novanto.

Sebelumnya, Ketua Badan Anggaran Ahmadi Noor Supit menjelaskan bahwa duit Rp 20 miliar itu tidak sepeser pun akan dipegang oleh anggota. Dana itu nantinya dikelola oleh pemerintah daerah.