Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(DetikNews) Kemenperin Bangun Technopark di 5 Kota

12/12/2018



Jakarta - Technopark jadi salah satu program prioritas Kementerian Perindustrian di tahun 2016. Ada lima kota yang dibidik untuk jadi tempat inovasi anak-anak Indonesia ini.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan mengungkapkan, lima kota yang dimaksud adalah Bandung, Semarang, Bali, Batam dan Makassar.

"Industri ICT itu kan pendekatannya salah satunya soal strategic partnership, seperti kita bikin shoping mall. Technopark itu kita bayangkan seperti itu tadi, seperti Sogo, Metro dan lainnya," ujarnya kepada detikINET saat berkunjung ke kantor detikcom Jakarta, Senin (30/11/2015) petang.

Ibarat mal maka diharapkan Technopark tersebut setidaknya diisi oleh satutenant yang punya nama, baik pemain lokal atau global.

"Nah dengan adanya aturan TKDN (Total Kandungan Dalam Negeri) itu kita mau coba nih Apple masuk di mana, Microsoft di mana, tapi bukan berarti kalau mereka gak masuk kita gak jalan. Kita tetap jalan, lokal kan ada juga seperti Telkom, perbankan itu kan banyak (kebutuhan) aplikasinya," lanjut Putu.

Di setiap Technopark tersebut juga ada fungsi untuk sertifikasi. Namun Kemenperin juga masih punya PR terkait insentif bagi 'tenant' yang berstatus tenaga ahli dan membawa proyek besar.

"Seperti di India itu ada software Technopark saat dia datang bawa project, bawa kerjaan, dari kedutaan sudah gak harus urus visa kerja lagi karena dia dapat insentif," Putu menambahkan.

"Ini yang sebenarnya tengah kita bicarakan dengan teman-teman di Kementerian Hukum dan HAM karena ini terkait ketanakerjaan , tapi sampai sekarang kita sudah lakukan kegiatan itu baik untuk sertifikasi dan konten," pungkasnya.