Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(DetikNews) Setoran Pajak 2015 Meleset, Darmin akan Revisi Target Tahun Depan

12/12/2018



Jakarta -Menko Perekonomian Darmin Nasution memperkirakan target pajak hanya berkisar 82-83% dari target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2015 yang sebesar Rp 1.294 triliun atau sekitar Rp 1.074 triliun. Artinya ada kekurangan atau shortfall Rp 219 triliun.

Dengan target Rp 1.350 triliun tahun depan, Darmin menilai harus ada revisi target dalam APBN 2016. 

"Tahun depan pajak belum bisa berarti, padahal. Tahun ini pencapaiannya cukup jauh di bawah target. kalau bisa 82%-83% itu sudah cukup menjanjikan," kata Darmin di Hotel Aryaduta, Tangerang, Kamis (17/12/2015) malam. 

Darmin menjelaskan. ukuran untuk menetapkan target pajak memang dilandasi realisasi pada tahun sebelumnya. Penetapan target baru dilakukan sekitar bulan Oktober, sementara realisasi baru diketahui pada akhir tahun.

Proyeksi Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) sebelumnya masih bisa mengejar setoran di angka 90% dari target. Meskipun proyeksi tersebut berubah menjadi 84,3% dari target, sebab sampai dengan akhir November baru tercapai Rp 830,7 triliun atau sekitar 67% .

"Kalau realisasi dipakai basis, maka itu naik tinggi. Seberapa tinggi, kalau tidak salah mendekati 30%," tegasnya.

Menurutnya pemerintah juga harus realistis memandang penerimaan pajak. Ukuran realistis adalah dengan menggabung pertumbuhan ekonomi dengan inflasi di tambah usaha tambahan oleh Ditjen Pajak. Dengan melihat kondisi tahun depan, harusnya target hanya meningkat 13-15%.

"Jadi begitulah angka realisasi penerimaan pajak yang sebtulnya bisa dicapai meningkat sekitar 13-15% ," imbuh Darmin