Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(DetikNews) Tugas BIN di Sektor Bea Cukai: Berantas Bisnis Rokok dan Minuman Ilegal

12/12/2018



Jakarta -Sektor ‎bea cukai juga menjadi area yang akan ditangani oleh Badan Intelijen Negara (BIN). Di antaranya, memberantas bisnis rokok dan minuman ilegal yang masih cukup marak di Indonesia.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai (Dirjen BC), Heru Pambudi‎ menyatakan, BIN nantinya akan bersinergi dengan intelijen di unit eselon II Ditjen Bea Cukai. Terutama dalam pengolahan data dan informasi.

"Intelijen kita dengan BIN‎ pasti ada irisan, tadi disampaikan kepala BIN. BIN ada tugas memetakan risiko perekonomian, kita punya wilayah yang sama," ujar Heru, di Gedung Djuanda, Kemenkeu, Jakarta, Kamis (26/11/2015).

Dia menuturkan, pada beberapa wilayah perbatasan masih banyak beredar rokok dan minuman ilegal. Untuk memberantas ini diperlukan bantuan BIN, agar otak bisnisnya bisa dihentikan dengan cepat.

"Ini nanti yang disinergikan itunya nanti di pedalaman terutama di minuman dan rokok," tegas Heru.

Secara berlanjut, matinya bisnis ilegal tersebut akan mendorong penerimaan negara. Sebab kebutuhan masyarakat, bisa ditopang dari barang-barang legal.

"Kalau yang ilegal itu sudah menjadi legal, itu akan mengerek revenue (pendapatan). Jadi yang selama ini membeli di pasar gelap, jadinya sekarang yang bercukai. Cukai kan masuk penerimaan." ungkapnya.