Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Rapat Dengar Pendapat Komisi 8 dan Ditjenpendis

12/12/2018



Pada 9 Februari 2015 Komisi 8 mengadakan Rapat Dengar Pendapat dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjenpendis), Kamarudin Amin, terkait anggaran yang diajukan oleh Kemenag dalam RAPBN-P.

Pada tanggal 19 Januari 2015 Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Keuangan menyerahkan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) ke DPR-RI. RAPBN-P tersebut merubah APBN 2015 yang disahkan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 Oktober 2014 melalui Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.  Dalam rangka pembahasan usulan RAPBN-P untuk mendapat bahan pertimbangan DPR menerima audiensi dari banyak instansi dan kementerian, termasuk Ditjenpendis.

Pemantauan Rapat

Ini respon dari Fraksi-Fraksi terhadap pemaparan dari Ditjenpendis Kementerian Agama, Kamarudin Amin:

Fraksi PDI Perjuangan: Oleh Hamka Haq dari Jatim 2. Hamka menanyakan kenapa target akreditasi sekolah-sekolah Islam hanya ‘B’ saja.

Fraksi Nasdem: Oleh Choirul Muna dari Jateng 6.  Choirul menanyakan ke Ditjenpendis status terakhir dari program beasiswa untuk mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri dibanding Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Hasan Aminuddin dari Jatim 2. Hasan saran kepada Kemenag untuk mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tiap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) setiap provinsi untuk memastikan anggaran untuk membantu madrasah. Hasan menilai Ditjenpendis baiknya tetap selalu dibawah Kemenag bukan dibawah Kemendikbud.

Komisi 8 menyetujui anggaran yang diajukan Ditjenpendis di APBN-P 2015 yaitu sebesar Rp.45,175,000,000,000.  Komisi 8 menambahkan anggaran yang disetujui tersebut untuk digunakan sebagai tunjangan guru madrasah.

Untuk membaca rangkaian livetweet Rapat Dengar Pendapat dengan Ditjenpendis kunjungi http://bit.ly/dirpendiskom8.

 

wikidpr/fr