Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Fit & Proper Test Calon Panglima TNI – Rapat Komisi 1 dengan Calon Panglima TNI

12/12/2018



Rapat Fit & Proper Test (FPT) calon tunggal Panglima Tentara Negara Indonesia (TNI) Gatot Nurmantyo dipimpin Mahfudz Siddiq Fraksi PKS dari Jabar 8 dan dihadiri 10 Fraksi dengan kehadiran anggota Komisi 1 sebanyak  46 orang. Pemimpin menyatakan rapat telah kuorum & memutuskan untuk melakukan rapat setengah terbuka yaitu dengan pemaparan visi & misi dilakukan secara terbuka, dan pendalaman oleh anggota DPR-RI Komisi 1 dilakukan secara tertutup. Dalam pembukaannya, Komisi 1 juga menyampaikan rasa duka cita atas jatuhnya pesawat Hercules Angkatan Udara di Medan yang menimbulkan banyak korban.

Mahfudz Siddiq mengatakan bahwa sebelum dilakukannya FPT ini, Komisi 1 telah melakukan analisis dan penelaahan persyaratan adminsitratif berupa Riwayat Hidup, Surat Keterangan Sehat, Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak 2014 dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) aktif, serta Laporan Kekayaan Harta Penyelenggara Negara (LKHPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berdasarkan penelaahan Komisi 1, semua kelengkapan administratif Gatot Nurmantyo dinilai tidak bermasalah dan lulus uji tahap administrasi.

Pemaparan Visi & Misi

Rapat dilanjutkan dengan pemaparan dari calon tunggal panglima TNI Gatot Nurmantyo. Gatot memaparkan program-programnya dengan dasar pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 paragraf keempat dan Nawa Cita dari Presiden Joko Widodo. Dengan dasar tersebut, Gatot Nurmantyo memulai penjelasannya dengan ancaman-ancaman yang akan dihadapi Indonesia seperti perbatasan, konflik, dan ancaman kejahatan cyber. Gatot kemudian menjabarkan program-program yang perlu digarisbawahi dan mengatakan bahwa ia akan mengedepankan kemandirian pembelian alutsista yang akan difokuskan hanya di dalam negeri, dan baru akan melakukan pembelian keluar negeri apabila Indonesia tidak mampu memproduksinya. Gatot Nurmantyo mengususng 3 misi, yaitu konsolidasi, interoperabilitas, dan kedekatan TNI dengan rakyat. Program yang ditekankan oleh Gatot Nurmantyo juga meningkatkan kemampuan dasar prajurit dengan mengedepankan juga penguasaan teknologi. Gatot juga berkomitmen untuk membangun Indonesia menjadi poros maritim dunia dengan angkatan bersenjata yang mampu menjamin keamanan di seluruh daerah. Gatot Nurmantyo juga berencana untuk mengadakan pembinaan territorial bela Negara dengan rakyat setempat.

Penutup

Sebelum mengubah bentuk rapat menjadi tertutup, Mahfudz Siddiq berpendapat bahwa pada awalnya, dengan memperhatikan latar belakang calon yang berasal dari TNI Angkatan Darat, ada kekhawatiran tersendiri mengenai penguatan di wilayah laut. Namun ternyata setelah melihat dan mendengarkan program, calon Panglima tetap memperhatikan pembangunan dan penguatan maritim Indonesia. Mahfudz Siddiq mengubah rapat menjadi tertutup sehingga tidak dapat diliput media.

Untuk melihat rangkaian livetweet silakan klik: http://chirpstory.com/li/274397

Sumber gambar: http://foto.tempo.co/read/beritafoto/31590/gatot-nurmantyo-jalani-fit-and-proper-test-di-dpr

Wikidpr/ets