Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Harian Kompas): APBNP 2015 diserahkan ke DPR: 290 Triliun untuk Infrastruktur

12/12/2018



Kementerian itu meliputi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pertanian. Masing-masing mendapatkan tambahan anggaran Rp 33 triliun, Rp 20 triliun, dan Rp 16 triliun.

Jumlah total anggaran infrastruktur pada APBN-P 2015 adalah Rp 189,7 triliun. Komitmen efisiensi anggaran menghasilkan tambahan ruang fiskal yang dialokasikan ke belanja infrastruktur sekitar Rp 100 triliun, sehingga total anggarannya menjadi Rp 290 triliun.

Menurut Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro, Kementerian PU dan PR misalnya akan fokus mengerjakan waduk dan irigasi primer-sekunder. Selain itu juga membangun jalan dan perumahan.

Kementerian Perhubungan fokus membangun jaringan kereta api di luar Pulau Jawa. Fokus lainnya adalah menambah panjang landasan sejumlah bandara dan membangun beberapa bandara baru. ”Menteri perhubungan targetnya sebanyak mungkin bandara di Indonesia bisa didarati pesawat berbadan lebar,” kata Bambang.

Di sektor maritim, Kementerian Perhubungan juga akan membangun pelabuhan dan mengadakan kapal. Dalam hal perhubungan darat, Kementerian Perhubungan akan mengadakan bus untuk beberapa kota besar.

Sementara Kementerian Pertanian fokus membangun irigasi tersier yang masuk ke sawah-sawah petani. Selain itu juga fokus mengadakan alat dan mesin-mesin pertanian serta bantuan pupuk dan benih.