Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Harian Kompas) Berdamai, Keseriusan KMP-KIH di DPR Dinanti

12/12/2018



Setelah 40 hari berseteru memperebutkan kursi pimpinan, fraksi-fraksi di Koalisi Merah Putih dan Koalisi Indonesia Hebat di DPR sepakat mengakhiri pertikaian. Keseriusan untuk mengimplementasikan perjanjian pun dinanti.

Kesepakatan itu dihasilkan dalam perundingan tertutup yang diadakan di Ruang Pimpinan DPR, Gedung DPR, Senin (10/11) siang. Pertemuan dipimpin Ketua DPR Setya Novanto (Partai Golkar). Hadir juga empat Wakil Ketua DPR, yakni Fadli Zon (Partai Gerindra), Agus Hermanto (Partai Demokrat), Taufik Kurniawan (Partai Amanat Nasional), dan Fahri Hamzah (Partai Keadilan Sejahtera).

Koalisi Merah Putih (KMP) diwakili koordinatornya, yaitu Idrus Marham. Sementara juru runding Koalisi Indonesia Hebat (KIH) adalah politisi senior PDI-P Pramono Anung dan Ketua Fraksi PDI-P (sementara) Olly Dondokambey.

Sampai semalam, finalisasi naskah perjanjian masih dilakukan. Idrus menyambut baik tercapainya kesepakatan damai tersebut.

”Komitmen KMP dan KIH memang sama-sama ingin mendorong kerja positif. Nanti, teman-teman KIH ada di tiap komisi dan alat kelengkapan dewan,” katanya.

Idrus dengan terbuka mengatakan, KIH akan mendapatkan 21 kursi pimpinan. ”Nanti, ada 2 orang dari KIH di pimpinan Badan Anggaran, 1 orang di Badan Kerja Sama Antar-parlemen, 1 orang di Badan Urusan Rumah Tangga, dan 1 orang lagi di Baleg. Sementara 11 komisi akan ada pimpinan dari KIH, bahkan ada pimpinan komisi yang 2 orang dari KIH. Totalnya 21 orang,” ujar Idrus.

Menurut Pramono, perdamaian juga akan diperkuat dengan perubahan Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3).

Janji dipatuhi

Sejauh mana kesepakatan perdamaian ini akan dipatuhi seluruh fraksi dari KMP, Idrus pun memberikan jaminan.

”Lho, saya ini, kan, Koordinator Pelaksana Koalisi Merah Putih. Butuh tanda tangan siapa lagi?” ujarnya.

Idrus juga memastikan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie mendukung. ”Saya terus koordinasi dengan beliau,” ujar Idrus, yang ditelepon Aburizal saat berada di lobi DPR.

Menurut Pramono, Kamis lusa diagendakan rapat paripurna untuk menyerahkan nama-nama anggota fraksi dari KIH untuk duduk di komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD).

”Kami akan memasukkan salah satu anggota fraksi dari KIH di pimpinan Badan Legislasi. Tugas dari Baleg adalah merevisi UU MD3 setelah sebelumnya menjadwalkan dalam Prolegnas,” ujarnya.

Idrus juga memastikan revisi UU MD3 cepat. ”Hanya ganti satu pasal, soal komposisi pimpinan,” ujar Idrus.

JK bersyukur

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan rasa syukurnya jika DPR bersatu lagi.

”Alhamdulillah. Memang seharusnya begitu. Bukan hanya rakyat yang sudah menunggu, tetapi juga pemerintah untuk bekerja,” ujarnya.

Menurut Kalla, semua persoalan bisa diselesaikan asal semua pihak saling menghargai. ”Kita harapkan selamanya (bersatu) dan tidak pecah lagi,” ujarnya.

Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia Sebastian Salang pun mengapresiasi hal tersebut. ”Ini sebuah langkah maju, pintu masuk menuju komunikasi politik yang lebih terbuka di DPR,” tuturnya.