Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Harian Kompas) Direksi Bakrie & Brothers Masuk Pengurus Inti PAN

12/12/2018



Ketua Umum Partai Amanat Nasional 2015-2020 Zulkifli Hasan bersama 12 anggota tim formatur tengah memfinalisasi susunan kepengurusan untuk segera didaftarkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Susunan kepengurusan partai politik yang lahir pada 23 Agustus 1998 ini akan secepatnya didaftarkan ke Kemenkumham.

"Kepengurusan masih akan dilengkapi nanti. Yang penting sekarang adalah (pengurus) yang pokok dulu, seperti ketua umum, sekretaris jenderal, dan bendahara umum," kata Zulkifli di Jakarta, Senin (16/3).

Zulkifli bersama anggota tim formatur menetapkan bankir yang kini menjabat Direktur Keuangan Bakrie and Brothers, Eddy Suparno, sebagai sekretaris jenderal. Pada Pemilu Presiden 2004, Eddy dikenal sebagai salah satu tim sukses Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, yang saat itu maju sebagai calon presiden.

Sementara itu, orang dekat Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) PAN 2015-2020 Soetrisno Bachir, Nasrullah, diangkat sebagai bendahara umum.

Dari informasi yang dihimpun Kompas, sejumlah tokoh muda PAN seperti Hanafi Rais (anak Amien Rais), Wali Kota Bogor Bima Arya, dan Bara Hasibuan duduk sebagai wakil ketua umum.

Zulkifli, yang adalah besan Amien Rais, terpilih sebagai ketua umum mengungguli petahana Hatta Rajasa dalam Kongres IV PAN di Nusa Dua, Bali, Minggu (1/3).

Zulkifli memaparkan, Eddy dipilih karena pengalamannya sebagai eksekutif puncak di sejumlah perusahaan nasional dan multinasional. Hal ini sesuai dengan tekad Zulkifli membesarkan PAN sebagai partai modern dan terbuka.

Selain berkiprah di Bakrie and Brothers, Eddy pernah menjadi eksekutif di perusahaan investasi global seperti Merrill Lynch. Eddy akan menjadi sekretaris jenderal yang mencurahkan seluruh waktu dan pikiran sepenuhnya untuk PAN lima tahun ke depan. Eddy dipilih karena selama ini banyak bekerja membantu PAN di belakang layar meski tidak duduk di kepengurusan.

Menjadi solusi

Zulkifli menegaskan, DPP PAN harus melayani kader serta memberikan solusi atas setiap masalah nasional dan daerah. Untuk jangka pendek, Zulkifli juga akan mengonsolidasikan kader PAN guna menghadapi pemilihan kepala daerah serentak tahun 2015.

"Kami akan membangun infrastruktur partai di daerah-daerah, sekaligus menyatukan langkah dengan fraksi PAN di DPRD provinsi dan kabupaten/kota, serta DPR. Fraksi PAN jangan terkotak-kotak, tidak ikut-ikutan menjadi bagian kegaduhan, dan harus menjadi solusi untuk kemajuan rakyat," kata Zulkifli.

Berbagai persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk pendaftaran pengurus PAN 2015-2020 ke Kemenkumham sudah disiapkan. Anggota tim formatur, yang juga Ketua Umum Barisan Muda PAN, Yandri Susanto, mengatakan, semua kader PAN dilibatkan dalam struktur berisi sedikitnya 60 pengurus yang segera didaftarkan dalam waktu dekat.

Saat dikonfirmasi terkait posisinya sebagai wakil ketua umum, Bara Hasibuan menolak menjawab. Menurut dia, Zulkifli akan mengumumkan susunan pengurus secara resmi.

"Sampai diumumkan oleh ketua umum, belum ada yang pasti. Yang jelas, prosesnya sekarang sudah masuk tahap finalisasi," kata Bara.