Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Harian Kompas) Jokowi Hadir di DPR Senin, DPR Pastikan Tak Akan Pojokkan Presiden

12/12/2018



Presiden Joko Widodo akan hadir dalam rapat konsultasi dengan pimpinan DPR, Senin (6/4) mendatang. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dijamin tidak akan dipojokkan oleh pimpinan DPR lainnya.

”Sudah ada (jaminan). Pak Setya Novanto, Ketua DPR, sudah memberikan jaminan tidak akan ada serangan yang memojokkan kepada Presiden,” ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno seusai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu petang.

Kehadiran Presiden, tambah Tedjo, selain permintaan DPR, juga karena Presiden menganggap perlu ada kunjungan balasan dari Presiden ke DPR. ”Pimpinan DPR, kan, sudah dua kali rapat konsultasi di Istana Negara, sekarang Presiden membalas rapat di DPR. Memang akan lebih bagus jika Presiden datang, suasananya menjadi akrab karena ada silaturahim meski bisa berlangsung satu atau dua jam,” kata Tedjo.

Menurut Tedjo, dari hasil kesepakatannya dengan pimpinan DPR, rapat konsultasi dengan Presiden disepakati waktunya akan berlangsung lebih singkat sehingga hanya membahas soal pencalonan Kepala Polri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti. ”Ini (soal Kepala Polri) yang paling penting karena itu yang diminta pimpinan DPR,” ujarnya.

Ditanya jika dalam pertemuan tersebut pimpinan DPR tetap meminta calon Kepala Polri yang ditetapkan DPR, Komjen Budi Gunawan, tetap dilantik, Tedjo hanya menjawab, ”Oh, itu nanti.”

Sebelumnya, saat ditanya seusai bertemu pimpinan DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu pagi, Tedjo yang datang ditemani Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, Presiden Jokowi tak bisa hadir Rabu ini di DPR karena masih mempersiapkan Konferensi Asia Afrika. ”Jadi, kami yang ditugasi mengatur jadwal konsultasi. Presiden akan siapkan jawaban,” katanya.

Tjahjo menambahkan, pimpinan DPR tidak hanya meminta penjelasan soal pencalonan Kepala Polri, tetapi juga soal lain yang dipandang penting oleh DPR.

Dalam pertemuan tersebut, Tedjo dan Tjahjo ditemui oleh Setya Novanto bersama Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, Agus Hermanto, dan Fadli Zon.

 

Link asli (locked): http://print.kompas.com/baca/2015/04/02/Presiden-Jokowi-Tak-Akan-Dipojokkan