Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Harian Kompas) Parpol Memulai Sosialisasi Pilkada Serentak

12/12/2018



Sejumlah partai politik mulai menyosialisasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2015. Upaya itu dilakukan untuk memberikan pemberitahuan terkait peraturan pemerintah pengganti undang-undang dan menjaring bakal calon kepala daerah yang akan mewakili partai tersebut.

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Abdul Malik Haramain, menyatakan, bulan ini pihaknya fokus melakukan tahapan sosialisasi terkait perppu pilkada. Jawa Timur menjadi provinsi pertama lokasi sosialisasi. Setelah itu sosialisasi dilakukan di Jawa Tengah.

Malik menambahkan, apabila perppu tersebut disahkan DPR bulan ini, pihaknya menargetkan telah memiliki bakal calon kepala daerah di sejumlah daerah pada Februari hingga Maret. Faktor utama pertimbangan PKB untuk bakal calon itu, kata Malik, adalah integritas, popularitas, dan elektabilitas.

”Kami akan meminta teman- teman di DPP (dewan pengurus pusat) melakukan polling dan riset di daerah guna melihat popularitas dan elektabilitas kader potensial partai di masyarakat,” katanya, Jumat (16/1), di Jakarta.

Setelah menjaring bakal calon melalui polling dan riset, PKB akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan bakal calon. Tahapan itu dilakukan, ujar Malik, guna melihat integritas dan kualitas bakal calon untuk memimpin daerah sesuai dengan nilai-nilai partai.

Konsolidasi PPP di Kalsel

Dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dilaporkan, Partai Persatuan Pembangunan juga mulai melakukan konsolidasi untuk menghadapi pemilihan gubernur, wali kota, dan bupati yang akan digelar di sejumlah daerah pada 2015. Target partai berlambang Kabah itu adalah memenangi sejumlah pemilihan kepala daerah.

”Bagi PPP, 2015 adalah tahun konsolidasi. Ke dalam, kami berkonsolidasi dengan melakukan permusyawarahan di tingkat wilayah dan daerah, dilanjutkan di tingkat kecamatan dan kelurahan. Ke luar, kami berupaya memenangi semua pilkada yang digelar,” kata Ketua Umum PPP Romahurmuziy di sela-sela Rapat Pimpinan Wilayah PPP Se-Kalsel di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Jumat. Kegiatan itu diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Hari Lahir Ke-42 PPP.

Romahurmuziy mengatakan, Rapat Pimpinan Wilayah PPP Se-Kalsel menjadi persiapan PPP untuk memenangi tujuh pemilihan kepala daerah (wali kota dan bupati) yang akan digelar di Kalsel pada 2015. Selain itu, juga ada satu pemilihan gubernur.

Jadi, total ada delapan pilkada yang akan digelar serentak di Kalsel, yakni pemilihan gubernur Kalsel, pemilihan wali kota Banjarmasin dan Banjarbaru, serta pemilihan bupati Banjar, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.

Ketua DPW PPP Kalsel Rudy Ariffin menambahkan, pihaknya masih akan membahas berbagai persiapan menghadapi pilkada di Kalsel dalam rapat pimpinan wilayah.