Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Harian Kompas) PDIP dan PAN Siapkan Strategi Pilkada Serentak

12/12/2018



Anggota DPR dari Fraksi PDI-P, Ahmad Basarah, di Jakarta, Minggu (18/1), menyatakan, persiapan matang diperlukan untuk menjaga momentum kemenangan PDI-P dalam Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2014.

”Pilkada serentak merupakan momentum yang berpihak bagi psikopolitik kami. Kami memiliki semangat mengulang kemenangan pemilu lalu,” kata Basarah.

PDI-P telah menjaring bakal calon kepala daerah mulai Januari 2015. Dewan Pimpinan Pusat PDI-P telah mengirimkan surat edaran yang menginstruksikan pengurus daerah untuk menjaring bakal calon kepala daerah.

Proses itu dilaksanakan dengan seleksi calon oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan mengajukan hasilnya kepada DPP PDI-P. Sejumlah nama terpilih akan menjalani penilaian oleh DPP yang akan menguji ideologi, integritas, dan kapabilitas sosok calon kepala daerah.

Survei berkala juga akan rutin dilakukan untuk menjaring bakal calon terbaik yang menerima mandat sebagai perwakilan PDI-P dalam pilkada. ”Survei menjadi acuan utama memilih calon kepala daerah yang kami targetkan bulan Maret sudah siap,” ujar Basarah.

Komisi III DPR bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly tengah membahas Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang bisa disahkan bulan ini. Komisi Pemilihan Umum menyiapkan tiga rancangan Peraturan KPU untuk menjalankan Perppu No 1/2014 yang mengamanatkan tahapan pilkada serentak mulai Februari sampai Desember 2015.

Sementara di Pekanbaru, Riau, Ketua Umum PAN Hatta Rajasa mengatakan, mereka akan berbagi dengan partai-partai politik pendukung KMP untuk alokasi pencalonan kepala daerah. Hatta menjanjikan, DPP PAN akan membuat target dan desain yang baik untuk menghadapi kompetisi.

”Saya berpikir, DPP nanti hanya akan membuat desain besar strategi,” kata Hatta. DPP PAN akan bertanya kepada Dewan Pimpinan Wilayah, berapa kabupaten/kota yang akan dimenangkan PAN dalam pilkada serentak 2015.

”Kemudian kami hitung. Dari semua masukan, DPP urusannya hanya menghitung dalam desain besar yang disiapkan untuk seluruh Indonesia,” kata Hatta, yang selanjutnya akan merundingkan desain besar strategi PAN kepada KMP.

Hatta mengatakan, dengan hasil perundingan tersebut, tidak akan ada lagi persaingan karena semua parpol saling mendukung. PAN juga akan mendukung
calon dari partai lain di dalam KMP.

DPP PAN akan menyerahkan penentuan calon kepala daerah kepada DPW dan DPD setempat. Menurut Hatta, ketika pengurus DPW dan DPD tidak menunjuk kader, baru mereka membicarakannya dengan DPP.

”Tata kelola partai menjadi transparan dan akuntabel. Nonkader tak boleh (maju), harus didorong kader maju di pilkada. Ini yang harus diperjuangkan betul bersama teman-teman lain,” kata Hatta.

 

link profil wikidpr untuk Ahmad Basarah:

wikidpr.org/anggota/5403631742b53eac2f8ef74b