Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Harian Kompas) Reses: Jaring Aspirasi dan Konsolidasi

12/12/2018



Para anggota Dewan Perwakilan Rakyat memanfaatkan masa reses yang dimulai Senin ini hingga 20 Maret untuk menjaring aspirasi masyarakat ataupun konstituen dan konsolidasi dengan pengurus partai politik di daerah.
”Di PDI-P, setiap reses ada surat tugas yang menyangkut dua hal. Satu, tugas menjalankan fungsi sebagai anggota DPR. Dua, tugas melakukan konsolidasi dengan pengurus hingga tingkat ranting,” kata Wakil Ketua Fraksi PDI-P Arif Wibowo, Minggu (22/2).

Salah satu fungsi DPR ialah melakukan pengawasan pelaksanaan undang-undang dan program pemerintah. Pada reses kali ini, semua anggota Fraksi PDI-P diminta mengawasi pelaksanaan program Kartu Indonesia Sehat, Kartu Keluarga Sejahtera, dan Kartu Indonesia Pintar.

Sementara tugas konsolidasi partai terutama dilakukan untuk mempersiapkan pemilu kepala daerah serentak tahun 2015. Konsolidasi juga dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan kongres PDI-P di Bali, April.

Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional Teguh Juwarno juga memanfaatkan reses untuk konsolidasi partai. ”Pada umumnya yang menjadi ujung tombak penyelenggaraan temu warga ialah kader-kader di kepengurusan partai tingkat kabupaten/kota dan tingkat kecamatan,” ujarnya.

Siapkan kegiatan
Pada reses ini, Badan Urusan Rumah Tangga menetapkan tiap-tiap anggota DPR wajib melaksanakan 10 kegiatan dengan dana Rp 150 juta. Karena itu, tiap-tiap anggota DPR menyiapkan minimal 10 kegiatan.

Sementara itu, sebagai bentuk pertanggungjawaban, tiap-tiap anggota DPR wajib menyerahkan laporan tertulis kepada fraksi. Laporan kegiatan itu harus disertai dengan foto pelaksanaan kegiatan.

Wakil Ketua Fraksi Nasdem Irma Suryani mengatakan, selain foto, anggota Fraksi Nasdem juga diharuskan melampirkan surat kegiatan beserta stempel dari tiap Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem di daerah pemilihan (dapil) yang disinggahi.

”Artinya, semua kegiatan anggota DPR dari Nasdem pasti diketahui kantor partai setempat sehingga kegiatan reses dapat lebih dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Terkait dengan kegiatan di dapil, sejumlah anggota Dewan mulai menyiapkannya. Anggota Komisi VII DPR, Endre Saifoel, misalnya, menyiapkan sejumlah pertemuan dengan warga di Kota Padang, Sumatera Barat.