Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Impor Daging Sapi oleh Bulog – Rapat Dengar Pendapat Komisi 6 dengan Perum Bulog

12/12/2018



Komisi 6 DPR-RI mengadakan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) pada Senin, 24 Agustus 2015 membahas Penyertaan Modal Negara (PMN) dan laporan keuangan tahun 2014. Pada bagian pemaparan mitra, rapat dinyatakan tertutup. Selanjutnya, rapat baru dinyatakan terbuka untuk umum pada saat pemantauan mitra.

Pemantauan Rapat

Fraksi PDI Perjuangan. Oleh Darmadi Durianto dari DKI Jakarta 3. Darmadi menanyakan program stabilisasi harga daging sapi yang dilakukan oleh Perum Bulog, karena sejauh ini program tersebut belum terlihat.

Darmadi menilai kompetensi Bulog di bidang sapi sangat rendah dibandingkan dengan yang lain. Oleh karena itu, Darmadi meminta Bulog untuk menjelaskan program stabilisasi harga daging sapi bila diberikan izin untuk melakukan monopoli.

Fraksi Demokrat. Azam Azman Natawijana dari Jawa Timur 3.Azam mempertanyakan harga daging sapi yang dijual Perum Bulog ke rumah potong hewan (RPH).

Respon Mitra

Berikut merupakan respon Dirut Perum Bulog terkait masukan dan pertanyaan dari anggota Komisi 6:

  • Pemerintah menginstruksikan Bulog untuk mengisi pasokan dan suplai yang kurang. Untuk melaksanakan instruksi tersebut, Bulog akan melakukan impor sapi dari Australia secara paketan.
  • Produk sapi yang tidak bisa beranak lagi akan dijual ke pasar dengan margin ke pedagang serta penjagal senilai 90% per kg.
  • Bulog akan kesulitan apabila pihak swasta diberikan izin untuk mengeluarkan sapi siap potong.

Kesimpulan

Tidak ada kesimpulan dalam rapat ini.

Dirut Perum Bulog mengucapkan terima kasih kepada Komisi 6 atas masukan terkait permasalahan daging sapi. Selanjutnya, jawaban atas pertanyaan anggota Komisi 6 lainnya akan disampaikan secara tertulis.

Pimpinan Komisi 6 menutup rapat bersama Perum Bulog pukul 17.53 WIB dan pembahasan PMN berikutnya akan dilanjutkan pada rapat selanjutnya.

Untuk menyaksikan live tweet RDP Komisi 6 dengan  Perum Bulog mengenai PMN dan laporan keuangan 2014, kunjungi http://chirpstory.com/li/282050.

Ilustrasi: tribunnews.com

wikidpr/fir