Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(JituNews) Ini Cara Kementan Netralkan Harga Pangan yang Meroket

12/12/2018



JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tembus sampai Rp 60 ribu per Kilo Gram (Kg), Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menugaskan Direktorat Jenderal Hortikuktura Kementerian Pertanian untuk segera melakukan operasi pasar.

Amran mengaku, saat ini pemerintah tengah bergerak guna mengantisipasi hal tersebut supaya harga tidak berlarut-larut melonjak di pasar. Pasalnya harga tinggi yang dirasakan masyarakat tidak sebanding dengan harga ditingkat petani yang berada dalam batas wajar.

"Kami sudah minta kepada Kementerian holtikultura, agar segera melakukan operasi pasar karema harga di lapangan sudah Rp 30an ribu. Bawang harga di lapangan Rp 15-17ribu tetapi di kota Rp 36-40 ribu. Sekarang kita sudah bergerak," ujarnya di Sragen, Jawa Tengah, Senin (14/3).

Menanggapi instruksi tersebut, pagi ini pukul 08.00, rencananya Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Toko Tani Indonesia (TTI) akan menggelar Pasar Murah di tiga wilayah di Jakarta Selatan. Antara lain di Pasar Minggu (depan mal Ramayana), Pasar Pondok Labuh (depan pasar), dan di Gedung Central Promosi dan Pemasaran Produk Pertanian Jakarta Selatan (depan SMU 28 Jakarta).

Sementara produk pangan yang dipasarkan antara lain beras yang dijual dengan harga Rp 7.500/kg, bawang merah dijual seharga Rp 10.000/4ons dan cabe merah seharga Rp 10.000/ons.