Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(JPNN) DPR Segera Bentuk Panja Penyerobotan Lahan Hutan

12/12/2018



JAKARTA - Komisi IV DPR akan membentuk Panitia Kerja (Panja) Penyerobotan Lahan Kehutanan. Pembentukan Panja ini sebagai upaya merespon banyaknya kasus penyerobotan kawasan hutan untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit.

Menurut anggota komisi IV DPR, Sudin, pembentukan Panja penyerobotan Lahan Kehutanan ini akan dilakukan setelag masa reses awal bulan Mei mendatang.

"Setelah reses nanti, Komisi IV DPR RI dan Kementerian Kehutanan akan segera membentuk Panja Penyerobotan Lahan Kehutanan," kata Sudin di gedung DPR, Jakarta, Kamis (30/4).

Disampaikan bahwa ketika melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah, seperti Riau, Kalimantan dan Sumatera Selatan, anggota Komisi IV DPR menerima banyak laporan masyarakat mengenai kasus penyerobotan kawasan hutan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Dalam kasus ini, lahan-lahan hutan dijadikan sebagai kawasan perkebunan kelapa sawit. "Lahan hutan yang diserobot pada umumnya berada di daerah perbatasan, sulit dijangkau atau diawasi oleh pemerintah daerah dan pusat," kata politikus PDIP itu.

Hasil kunker inilah yang mendasari Komisi Lingkungan Hidup, Pertanian, Pangan dan Maritim itu membentuk Panja.

"Bahan sedang kami kumpulkan. Sebagai data awal di Kalimantan Barat, terjadi penyerobotan hutan untuk perkebunan sebesar 300 ribu hektar. Di Riau dan Sumatera Selatan masih dikumpulkan," tambahnya.(fat/jpnn)