Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(JPNN) Trimedya: Fraksi PDIP Kecewa, Budi Tak Pernah Ditarik Pencalonannya Tapi Tak Segera Dilantik Jokowi

12/12/2018



Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menerima keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menunda pelantikan Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Budi Gunawan sebagai Kapolri dan mengangkat Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai pelaksana tugas Kapolri.

"Sepahit apa pun keputusan yang diambil Presiden Jokowi kita harus terima, meski kecewa," ujar Ketua DPP PDIP Bidang Hukum Trimedya Panjaitan dalam diskusi "Lewat Budi Gunawan, KPK Ganggu Hak Preogratif Presiden?" yang digelar Aktual Forum, di Jakarta, Minggu (18/1).

Trimedya mengatakan, sebagai partai pengusung Presiden Jokowi, pihaknya bertugas untuk mengamankan setiap keputusan Presiden yang diyakini untuk kepentingan bangsa dan negara, termasuk pergantian Kapolri.

Menurut Trimedya, dengan upaya yang dilakukan Fraksi PDIP, terutama yang ditempatkan di Komisi III DPR, proses pencalonan Budi Gunawan yang telah ditetapkan tersangka oleh KPK, di DPR tidak ada hambatan berarti.

Pihaknya tidak masalah jika Jokowi menarik surat usulan pencalonan tersebut sebelum rapat paripurna. "Tapi kan tidak ada," katanya. "Bahwa presiden tidak melantik, tentu kami kecewa sudah kawal ini," dia menambahkan.

Trimedya mengaku tak mengetahui komunikasi politik yang dilakukan Jokowi kepada PDIP terkait keputusannya tersebut.

Meski kecewa, Trimedya tetap berharap Jokowi melantik Budi sebagai Kapolri untuk menjaga kehormatan DPR dan Budi. Setidaknya,  dia melanjutkan, Jokowi dapat melantik Budi dan memintanya mengundurkan diri untuk menghormati proses hukum yang sedang berjalan.

 

link profil wikidpr untuk Trimedya Panjaitan:

http://wikidpr.org/anggota/5403631742b53eac2f8ef708