Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Kinerja DPR-RI Masa Sidang ke-3 Tahun 2015-2016

12/12/2018



Pada masa sidang ke-3 tahun 2015-2016 periode 11 Januari 2016 sampai dengan 18 Maret 2016, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) telah melakukan sebanyak 502 rapat dalam rangka melaksanakan fungsinya sebagai wakil rakyat. Dari jumlah tersebut, sebanyak 328 rapat dilakukan secara terbuka dan 174 rapat dilakukan secara tertutup.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun WikiDPR selama masa sidang ini, yang paling banyak melakukan rapat adalah Komisi IX, yaitu sebanyak 64 rapat, terdiri dari 50 rapat terbuka dan 14 rapat tertutup. Selanjutnya, topik rapat yang populer dibahas Komisi IX adalah mengenai Uji Kelayakan Calon Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan.

Sebaliknya, Komisi yang paling sedikit melaksanakan rapat adalah Komisi V, yaitu sebanyak 14 rapat yang terdiri dari 9 rapat terbuka dan 5 rapat tertutup. Mengenai topik populer yang dibahas Komisi 5 adalah Rancangan Undang-Undang mengenai Jasa Konstruksi (RUU Jakon).

Selama masa sidang ke-3 ini, DPR-RI telah menghasilkan 4 RUU Program Legislasi Nasional (Prolegnas), di antaranya UU Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan, dan Petambak Garam yang dihasilkan Komisi IV; UU Penyandang Disabilitas yang dihasilkan Komisi VIII; UU Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (UU PPKSK) yang dihasilkan Komisi XI; dan terakhir UU Tabungan Perumahan Rakyat (UU Tapera) yang dihasilkan Panitia Khusus (Pansus) Tapera.