Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas) 42 Tahun PDIP: Genjot Proses Regenerasi

12/12/2018



Hasto mengatakan, dalam 42 tahun sepak terjang PDI-P di dunia perpolitikan, 32 tahun masa pemerintahan Orde Baru dihabiskan tanpa peluang melakukan kaderisasi sama sekali.

”PDI-P baru berkesempatan melakukan kaderisasi pada masa reformasi, yaitu 10 tahun terakhir. Oleh sebab itu, tahun ini, kami akan mengedepankan demokratisasi di internal partai, sekaligus membangun kelembagaan partai secara lebih baik,” kata Hasto.

Wakil Sekjen PDI-P Ahmad Basarah menambahkan, ruang regenerasi di PDI-P tidak tertutup bagi para kader muda. Megawati sebagai ketua umum (petahana) tidak menutup kemungkinan bagi kader-kader lain untuk maju.

”Tahun ini sebenarnya Megawati sudah akan menyerahkan estafet kepemimpinannya kepada para kader muda, namun atas keputusan Rapat Kerja Nasional PDI-P Ke-IV September lalu, Megawati didesak untuk kembali mencalonkan diri. Jadi, ini keinginan kader, bottom-up bukan top-down,” ujar Basarah.

Perayaan sederhana

Hasto mengemukakan, perayaan ulang tahun ke-42 PDI-P akan diselenggarakan secara sederhana, Sabtu, di Kantor Dewan Pimpinan Pusat PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Hal itu terkait dengan kondisi bangsa yang sedang berduka atas kecelakaan pesawat AirAsia QZ 8501 dan longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah.   

Hasto mengatakan, PDI-P yang kini berada di dalam lingkaran pemerintahan harus membuktikan komitmen kerakyatannya terhadap bangsa dan negara. ”Negara kita saat ini sedang berkabung. Oleh sebab itu, kami tidak akan merayakan secara besar-besaran di hotel berbintang lima,” kata Hasto.

Ketua Umum Megawati Soekarnoputri akan hadir untuk membuka acara dengan pidato politik dan melepas 420 balon gas berwarna merah dan putih sebagai simbol 42 tahun PDI-P. Presiden Joko Widodo juga direncanakan hadir bersama menteri-menteri yang merupakan kader PDI-P.

Sejumlah acara yang terbuka bagi rakyat juga disiapkan untuk merayakan hari jadi partai penguasa yang selama 10 tahun terakhir ini mengambil sikap oposisi terhadap pemerintah. Acara yang disiapkan antara lain, pemotongan tumpeng, tari-tarian, paduan suara, santunan bagi anak yatim, serta panggung pesta rakyat dari pagi sampai malam.

Dalam momentum tersebut, PDI-P juga akan meluncurkan kartu tanda anggota (KTA) partai bagi kader-kadernya serta menayangkan tampilan situs web PDI-P yang diperbarui.

 

link profil wikidpr untuk Ahmad Basarah: http://wikidpr.org/anggota/5403631742b53eac2f8ef74b