Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas) Adriansyah Terima Suap Lebih Dari Sekali

12/12/2018



Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Adriansyah mengakui tidak hanya sekali menerima suap. Hal ini disampaikan Adriansyah seusai diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Kamis (16/4).

Adriansyah, yang ditangkap KPK saat menerima suap di sela Kongres PDI-P di Bali pada 9 April lalu, kemarin untuk pertama kali diperiksa KPK. Andriansyah diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Andrew Hidayat, Direktur PT Mitra Maju Sukses. Andrew diduga memberi suap kepada Adriansyah melalui perantaraan anggota polisi bernama Agung Krisdianto. Pada hari yang sama, Andrew juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Adriansyah.

Adriansyah yang diperiksa sekitar pukul 11.00 baru keluar dari Gedung KPK pada pukul 18.00. Saat ditanya wartawan apakah penyuapan yang dilakukan Andrew di Bali bukan yang pertama kali, Adriansyah mengiyakan. "Iya, iya," kata mantan Bupati Tanah Laut ini sembari menerobos kerumunan wartawan yang menghadangnya sebelum memasuki mobil tahanan.

Menurut Adriansyah, pemeriksaannya kali ini masih sebatas sebagai saksi untuk tersangka Andrew. Seusai diperiksa, Adriansyah langsung dibawa kembali ke sel tahanannya di Rumah Tahanan Kelas I Jakarta Timur Cabang KPK di kompleks Pomdam Jaya, Guntur, Manggarai, Jakarta. Sementara Andrew tetap ditahan di Rutan KPK yang berada di Gedung KPK.

Pengakuan Adriansyah bahwa dia tak hanya sekali menerima suap, sama seperti dugaan KPK sebelumnya. KPK menduga suap dari Andrew ini bukan yang pertama yang diterima Adriansyah. Informasi yang diperoleh Kompas, suap itu sudah diterima sejak dia menjabat sebagai Bupati Tanah Laut.

"Dari hasil pemeriksaan ternyata ada keterangan yang menyebut pemberian ini bukan yang pertama kali, sebelumnya juga pernah diberikan, tetapi ini perlu didalami dulu," kata Pelaksana Tugas Wakil Ketua KPK Johan Budi SP.

Meskipun Adriansyah tidak lagi sebagai Bupati Tanah Laut, Andrew tetap memberikan suap. Hal itu untuk tetap menjaga kepentingan bisnis PT MMS di Kabupaten Tanah Laut.

http://print.kompas.com/baca/2015/04/17/Adriansyah-Terima-Suap-Lebih-dari-Sekali