Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas) Diharapkan Ada Tiga Calon Ketua Umum

12/12/2018



JAKARTA, KOMPAS — Kader Partai Demokrat yang ingin maju sebagai calon ketua umum dalam kongres ketiga partai itu pada 11-13 Mei 2015 di Surabaya kemungkinan harus didukung setidaknya oleh 30 persen pemilik suara di kongres. Ketentuan ini lebih tinggi dibandingkan saat kongres tahun 2010. Saat itu syarat untuk mengikuti pemilihan ketua umum cukup didukung oleh 20 persen pemilik suara.

"Saya berharap, dengan 30 persen, paling tidak ada tiga calon yang akan maju berkompetisi dalam kongres," kata Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan di Jakarta, Senin (4/5).

Saat ini Partai Demokrat dipimpin presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY dipilih sebagai ketua umum dalam Kongres Luar Biasa PD di Bali akhir Maret 2013. Saat itu PD mengalami kevakuman kepemimpinan karena Ketua Umum PD Anas Urbaningrum menyatakan berhenti setelah dinyatakan sebagai tersangka kasus korupsi. Anas terpilih sebagai ketua umum dalam Kongres Ke-2 PD di Bandung, Jawa Barat, tahun 2010.

Pemilik suara yang berhak memilih ketua umum di Kongres PD, kata Syarief, ada 593 suara. Jumlah suara itu meliputi 509 dewan pimpinan cabang (tingkat kabupaten/kota), 68 suara dari dewan pimpinan daerah (provinsi), 3 suara dari dewan pimpinan pusat, 4 suara dari dewan pembina, ditambah suara dari 9 organisasi sayap.

Demokrasi

Terkait persyaratan untuk maju sebagai calon ketua umum yang mencapai 30 persen, Wakil Ketua Majelis Tinggi PD Marzuki Alie yang disebut-sebut akan maju sebagai calon ketua umum mengatakan, "Yang penting, ruang demokrasi dibuka lebar. Sekarang ini ada sinyalemen pemaksaan sistematis untuk mendukung SBY. Semua ketua DPC sudah disiapkan tiket, begitu juga untuk ketua DPD. Bahkan, juga ada jaminan akomodasi penginapannya."

Marzuki menyebut pengawalan suara sudah terstruktur dan sistematis sehingga dikhawatirkan tidak ada ruang bagi ketua DPC bergerak sama sekali. Bahkan, penandatanganan dukungan dilakukan berganda.

Marzuki melihat, kini telah ada penyesuaian format di dalam kongres yang artinya sudah ada pemaksaan yang sistematis. Semuanya ini sudah dilaporkan kepada SBY, tetapi gerakan itu diduga mendapatkan restu.

"Ini memprihatinkan sekali. Partai Demokrat, tetapi perilakunya sangat tidak demokratis," ujar Marzuki.

Selain Marzuki, sosok lain yang diduga akan maju sebagai calon Ketua Umum PD adalah SBY dan anggota Dewan Perwakilan Daerah, Gede Pasek Suardika.(OSA)