Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas) Fadli Zon Akan Cegah Golkar Kubu Agung Laksono Rebut Kendali Fraksi Golkar

12/12/2018



Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyatakan, bakal mencegah rencana pengurus Fraksi Golkar kubu Agung Laksono yang ingin 'merebut' ruang Fraksi Golkar kubu Aburizal Bakrie. Menurut Fadli, mekanisme pergantian pengurus harus melalui mekanisme yang sah dan tidak dapat dilakukan seenaknya.

"Kita punya prosedur, kita akan mengamankan tentu saja. Tidak bisa orang melakukan seenaknya, main seperti itu, kan ada sistem," kata Fadli, di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Fadli mengatakan, pergantian pengurus fraksi merupakan hak setiap partai. Dengan catatan, pergantian tersebut merupakan keputusan resmi pimpinan pusat partai yang bersangkutan.

Terkait Golkar, kata Fadli, pimpinan yang sah adalah Aburizal Bakrie sebagai ketua umum dan Idrus Marham sebagai sekretaris jenderal. Hal itu ia anggap sesuai dengan keputusan Kementerian Hukum dan HAM yang hanya mengakui pengurus Golkar hasil Munas 2009.

"Kalau (pengurus) yang lain, ya tidak kita tanggapi sampai ada keputusan pengadilan yang jelas, mau ngirim 100 surat juga tidak kita tanggapi," ujarnya.

Pengurus Partai Golkar kubu Agung Laksono berencana mengambil alih kepengurusan Fraksi Golkar di DPR pada 15 Januari 2015 mendatang. Saat ini, Fraksi Golkar di DPR dipimpin oleh Ade Komarudin bersama pengurus lain yang ditetapkan dalam Munas IX Bali.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas IX Jakarta, Yorrys Raweyai mengatakan, perombakan susunan pemimpin fraksi dilakukan setelah DPR memasuki masa sidang ke-II. Ia menyebut Agus Gumiwang sebagai Ketua Fraksi Golkar di DPR.

Menurut Yorrys, perombakan susunan pemimpin fraksi merupakan kewenangan internal partai sehingga tidak perlu meminta persetujuan pimpinan DPR.

 

link profil wikidpr untuk Fadli Zon: http://wikidpr.org/anggota/5403631742b53eac2f8ef7e3