Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas) ISIS Ancam Serbu Nusakambangan, Polisi Siaga

12/12/2018



Kepolisian Negara RI terus mewaspadai ancaman anggota Negara Islam di Irak dan Suriah di dalam negeri. Baru-baru ini beredar tayangan video di media sosial berisi orasi anggota NIIS berbahasa Indonesia yang mengancam akan membebaskan Ustaz Abu Bakar Ba'asyir yang ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Pasir Putih dan Aman Abdulrahman di LP Kembangkuning, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti menyatakan, pihaknya telah mewaspadai dan siap menghadapi ancaman kelompok tersebut. Ia menambahkan, berbagai ancaman dan propaganda yang disebarkan kelompok radikal tidak menghalangi Polri memberantas terorisme-radikalisme di Indonesia.

"Kami tidak gentar. Polri akan terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan untuk menghadapi berbagai ancaman dari kelompok tersebut," kata Badrodin, Jumat (10/4), di Jakarta.

Jangan terprovokasi

Secara terpisah, Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irfan Idris menjelaskan, video tersebut merupakan propaganda kelompok radikal yang akan selalu hadir seiring upaya serius pemerintah memerangi terorisme. Ia berharap masyarakat tidak mudah terprovokasi. Polri, TNI, dan BNPT akan terus bersinergi mencegah radikalisme di Tanah Air.

"Jangan sampai kita lengah dan terpecah karena kelompok radikal dapat menyebar di negara yang terpecah. Karena itu, kami menggalakkan pendidikan kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi," katanya.

Sementara di Nusakambangan, petugas lembaga pemasyarakatan meningkatkan kewaspadaan serta berkoordinasi dengan TNI dan Polri. Beberapa pekan ini, helikopter TNI Angkatan Darat juga rutin berpatroli di sekitar Nusakambangan.

Kepala LP Pasir Putih Hendra Eka Putranto mengatakan, LP Pasir Putih menampung 38 terpidana terorisme yang ditempatkan dalam satu blok yang hanya bisa dikunjungi lima orang, yaitu istri dan anak-anak narapidana.

Sementara di Serang, Banten, Ketua Forum Pemuda Lintas Agama Banten Ahmad Bahir menentang NIIS yang menerapkan kekerasan. Ahmad mengatakan, Islam sama sekali tidak mengajarkan kekerasan.

Di Denpasar, Bali, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly menjanjikan penambahan petugas LP Kelas IIA Denpasar. Penambahan akan diambil dari bintara yang menjelang masa pensiun.

http://print.kompas.com/baca/2015/04/11/Polri-Terus-Waspadai-Ancaman-NIIS