Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas) Kongres Demokrat Siap Digelar

12/12/2018



SURABAYA, KOMPAS — Kongres IV Partai Demokrat yang menelan biaya sekitar Rp 9,4 miliar, siap dibuka di Surabaya, Selasa (12/5) malam. Pendaftaran calon ketua umum partai itu untuk periode 2015-2020, telah dibuka sejak kemarin, akan ditutup pada Selasa hari ini pukul 12.00.

"Jika memungkinkan waktunya, setelah dari Papua Niugini, saya akan menghadiri undangan Partai Demokrat (PD)," kata Presiden Joko Widodo di Papua, Senin (11/5), tentang kemungkinan kehadirannya di pembukaan Kongres Partai Demokrat.

Hari ini, dari pagi hingga siang hari, Presiden dijadwalkan menghadiri sejumlah acara kenegaraan di Papua Niugini. Setelah makan siang dengan Perdana Menteri Papua Niugini, Presiden dijadwalkan meninggalkan negara itu.

Sementara itu, guna menyambut Kongres PD, ratusan spanduk partai itu telah dipasang di sejumlah ruas jalan utama di Surabaya. Turut pula dipasang spanduk bergambar Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan putranya, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) yang juga Sekretaris Jenderal PD.

Spanduk dengan foto Gede Pasek Suardika, kader PD yang menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah, juga terlihat di sejumlah tempat.

SBY, Gede Pasek, dan Wakil Ketua Majelis Tinggi PD Marzuki Alie, disebut-sebut akan maju dalam pemilihan ketua umum PD periode 2015-2020.

"Sejauh ini panitia pengarah baru menerima dukungan dari sejumlah kader untuk mengusung Bapak SBY maju kembali sebagai ketua umum," kata Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan.

Ketua Dewan Kehormatan PD Amir Syamsudin menuturkan, salah satu syarat untuk maju sebagai calon ketua umum adalah memperoleh dukungan minimal 30 persen dari seluruh pemilik suara di kongres yang jumlahnya sekitar 590 suara. Dalam Kongres Partai Demokrat 2010 di Bandung, syarat calon ketua umum mendapat 20 persen dukungan dari pemilik suara.

"Dari pengalaman, ketika syarat dukungan rendah, bakal calon yang bermunculan ternyata hanya memiliki dukungan yang sangat sedikit. Ini yang dihindari oleh panitia kongres," kata Amir. Dia menambahkan, calon ketua umum juga harus tidak pernah tersangkut masalah hukum dan telah aktif di kepengurusan PD minimal lima tahun.

Marzuki Alie mengingatkan, proses pencalonan ketua umum harus mengacu pada tata tertib. "Tata tertib belum disahkan, bagaimana bisa dibuka pendaftaran?" tanyanya.

Menurut Marzuki, kalau sudah menyatakan maju, ternyata pada saatnya tidak diusulkan oleh pemegang hak suara sesuai besaran persyaratan minimalnya, tentu akan malu. "Jadi, siapa pun kader lebih arif mempersiapkan diri saja," katanya.

Ibas mengatakan, biaya penyelenggaraan kongres diperoleh dari iuran partai di tingkat pusat, anggota DPR, simpatisan, dan unsur lainnya. (OSA/RYO/HAR)