Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas) Kursi Alat Kelengkapan Dewan Mulai Dibagi ditengah Kubu KIH

12/12/2018



Koalisi Indonesia Hebat akan membagi 5 kursi ketua dan 16 kursi wakil ketua alat kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat yang mereka peroleh dengan menggunakan asas proporsional. Jumlah kursi yang diperoleh di DPR akan menjadi dasar dari pembagian itu.

Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Syaifullah Tamliha, Minggu (7/12), mengatakan, dalam pembagian ini Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan kemungkinan mendapatkan 8 kursi alat kelengkapan DPR (AKD), Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PPP memperoleh masing-masing 4 kursi, 3 kursi untuk Fraksi Nasdem, dan Fraksi Hanura mendapatkan 2 kursi.

”Namun, jumlah alokasi kursi pimpinan itu belum final dan bisa berubah. PPP, contohnya, masih mungkin dapat 4-5 kursi,” kata Syaifullah. Menurut dia, pembicaraan awal pembagian kursi ini dilakukan seusai Rapat Paripurna DPR, Jumat pekan lalu.

Dalam UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang disahkan pada Jumat pekan lalu, pimpinan AKD yang terdiri dari 11 komisi dan 5 badan masing-masing ditambah dengan satu wakil ketua.

Sesuai kesepakatan antara KIH dan Koalisi Merah Putih (KMP), tambahan kursi wakil ketua itu akan diberikan ke KIH. Selain itu, KIH juga akan mendapatkan kursi lima ketua AKD.

Oleh karena belum ada kepastian terkait kursi AKD yang akan diperoleh, menurut Syaifullah, fraksinya masih menyimpan nama yang akan dikirimkan untuk duduk di posisi itu.

Ketua Fraksi Hanura Dossy Iskandar mengatakan, fraksinya belum menentukan nama yang akan dikirim untuk duduk di pimpinan AKD. ”Sebelum disepakati, anggota kami sudah pergi ke daerah pemilihan untuk bertemu konstituen,” kata Dossy.

Akbar Faizal, anggota DPR dari Fraksi Nasdem, menuturkan, fraksinya juga belum membicarakan sosok yang akan dikirim menduduki pimpinan AKD.

Sementara itu, anggota Fraksi PKB, Malik Haramain, mengatakan, wakil dari fraksinya yang duduk di AKD akan diumumkan saat masa sidang dibuka pada Januari 2015.