Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas) Mei, PKS Pilih Presiden

12/12/2018



Partai Keadilan Sejahtera telah selesai memilih anggota Majelis Syuro melalui pemilihan raya pada akhir Maret lalu. Para anggota Majelis Syuro tersebut nantinya akan memilih Presiden PKS 2015-2020 yang dijadwalkan berlangsung pada Mei mendatang.

"Pemilihan Presiden PKS, menurut rencana, pada Mei," kata Ketua DPP PKS Yudi Widiana Adia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/4).

Yudi menjelaskan, pemilihan Presiden PKS berbeda dengan mekanisme pemilihan ketua umum partai politik lain. Presiden PKS dipilih dan ditetapkan oleh Majelis Syuro yang beranggotakan 99 orang.

Para kader PKS memilih anggota Majelis Syuro melalui pemilihan raya (pemira). Untuk Majelis Syuro PKS 2015-2020 sudah dipilih pada pemira 30 Maret lalu.

"Awal Mei ini ada keputusan hasil pemilihan anggota Majelis Syuro periode 2015-2020," ujar Juru Bicara PKS Mardani Ali Sera.

Anggota Majelis Syuro kemudian akan memilih salah satu di antara mereka untuk dijadikan ketua. Setelah itu, barulah Majelis Syuro menetapkan Presiden PKS dan pengurus DPP lainnya.

Mardani menjelaskan, pengurus DPP PKS, termasuk Presiden, akan dikukuhkan dalam musyawarah nasional (munas) antara Juli dan Agustus mendatang. Selain pengurus, munas juga digelar untuk menyosialisasikan program baru.

Sementara itu, Yudi menegaskan, PKS tidak akan terpecah belah seperti partai politik lain. Alasannya, ikatan persaudaraan PKS begitu kuat dan tidak pernah ada perebutan kekuasaan. Buktinya, tidak pernah ada kader yang ingin menjadi ketua Majelis Syuro ataupun presiden.

 

http://print.kompas.com/baca/2015/04/15/Mei%2c-PKS-Pilih-Presiden