Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas) Sanksi Berat Bagi yang Terlibat Bocorkan Soal

12/12/2018



Kecurangan dalam ujian nasional merupakan bentuk pengkhianatan kepada ratusan ribu guru di Indonesia. Selain hukuman berat dan menjerakan bagi pelakunya, masyarakat diminta aktif melaporkan kecurangan.

"Pelakunya tidak bisa melenggang. Ratusan guru dikhianati. Perbuatan satu orang merusak pengorbanan mereka mempersiapkan UN (ujian nasional)," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dalam Orasi Kebudayaan Konferensi Asia Afrika menuju World Culture Forum 2016 di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/4).

Anies mengatakan, kecurangan itu bukan pertama kalinya terjadi. Namun, karena selalu dibiarkan, imbasnya terus terjadi hingga saat ini. Dia mengharapkan agar masyarakat yang mengetahui beragam jenis pelanggaran, segera melaporkannya.

"Soal ujian negara ialah rahasia negara dan tidak bisa dianggap enteng. Jika dulu ada pihak yang melapor justru ditekan, sekarang akan sangat kami hargai. Kadang kecurangan terjadi bukan karena dilakukan beberapa orang, tetapi banyak orang baik mendiamkannya," katanya. Terkait kemungkinan pengulangan UN jenjang sekolah menengah atas sederajat, Anies mengatakan, pemerintah masih menunggu kepastian daerah-daerah yang melakukan kecurangan.

Seleksi PTN

Tidak hanya ujian nasional yang mulai menerapkan tes berbasis komputer. Seleksi masuk perguruan tinggi negeri berbasis komputer atau computer based test juga sedang dipersiapkan. Ujian tulis atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan tes berbasis komputer direncanakan mulai diterapkan secara terbatas tahun depan.

http://print.kompas.com/baca/2015/04/20/Sanksi-Berat-bagi-yang-Terlibat