Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas Sore) Basuki Tjahaja Purnama Gubernur Definitif DKI

12/12/2018



Presiden Joko Widodo melantik Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebagai gubernur definitif, Rabu (19/11), untuk sisa masa jabatan periode 2012-2017. Basuki menggantikan Joko Widodo yang terpilih menjadi presiden melalui Pilpres 2014.

Pelantikan tersebut berlangsung pukul 14.00 di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan Basuki dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri Kabinet Kerja, serta anggota DPRD DKI Jakarta. Hadir pula Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan mantan Gubernur DKI yang juga Ketua Umum PKPI Sutiyoso.

Pengangkatan Basuki sebagai gubernur tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 130/P/ 2014. Keputusan itu merujuk pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Pelantikan seorang gubernur oleh presiden RI pernah dilakukan semasa Presiden Soekarno dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sejarah mencatat, Presiden Soekarno melantik Gubernur DKI Ali Sadikin pada 28 April 1966 di Istana Negara. Gubernur lainnya, serta gubernur pada pemerintahan presiden- presiden berikutnya, selalu dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Baru pada 10 Oktober 2012, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Sultan Hamengkubuwono X sebagai Gubernur DI Yogyakarta untuk periode 2012-2017. Pelantikan Sultan sebagai gubernur itu merujuk pada undang-undang keistimewaan Yogyakarta.

Menurut Mendagri Tjahjo Kumolo, mengacu pada Perppu No 1/2014, pelantikan gubernur-gubernur berikutnya juga akan dilakukan Presiden di Ibu Kota negara.

Pengamanan

Polri menyiagakan kendaraan taktis water cannon di sejumlah obyek vital untuk mengantisipasi kerusuhan akibat banyaknya aksi unjuk rasa yang terjadi hari ini.

”Kami mempersiapkan water cannon di Istana Negara dan Balai Kota,” kata Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Hendro Pandowo.

Selain water cannon, polisi juga menyiagakan mobil baracuda serta anjing terlatih.

Meskipun demikian, dia berharap jalannya aksi demonstrasi hari ini berjalan tertib dan aman.

Hari Rabu ini, menurut Hendro, akan ada delapan aksi demonstrasi dari elemen masyarakat, buruh, serta mahasiswa yang terpusat di depan Istana Negara.

”Aksi demo menyangkut penolakan kenaikan harga BBM serta terkait pelantikan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur DKI Jakarta,” katanya.

Guna mengantisipasi aksi-aksi tersebut, pihaknya menyiagakan ribuan personel. ”Sebanyak 3.600 personel yang berjaga di sekitar Istana Negara,” katanya.