Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas Sore) Bertemu Sutarman dan Budi Gunawan, Jokowi Siapkan 13 Nama Calon Kapolri

12/12/2018



Andy Reza Hidayat

Kesibukan di istana terlihat sejak pukul 08.30 saat beberapa mobil yang ditumpangi perwira tinggi Polri sampai di Istana Kepresidenan. Hadir dalam pertemuan itu Kepala Polri Jenderal (Pol) Sutarman; calon Kepala Polri yang diusulkan Presiden, Komisaris Jenderal Budi Gunawan; dan sejumlah pejabat Polri lain yang salah satunya diduga Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti.

Sutarman meninggalkan istana lebih dahulu, sekitar pukul 08.45. Sutarman melangkah dengan terburu-buru tanpa ekspresi. Dua ajudannya mencegah wartawan melayangkan pertanyaan. ”Maaf, tidak ada pertanyaan. Maaf, Bapak buru-buru,” kata salah seorang ajudan sambil menyilangkan tangannya mencegah wartawan mendekat.

Sementara Budi Gunawan dan sejumlah petinggi Polri masih melanjutkan pertemuan dengan Presiden di dalam kompleks istana. Seorang pegawai protokol kepresidenan tidak tahu-menahu terkait dengan pertemuan itu.

Pukul 09.20, mobil dengan nomor polisi 1-04 dan nomor polisi 2-00 meninggalkan Istana lewat Jalan Veteran 3. Tidak ada penumpang dalam mobil tersebut, kecuali sopir.

Menemui petani

Berdasarkan jadwal resmi, Presiden pada pukul 09.00 bersilaturahim dengan petani pemenang Adhikarya Pangan Nusantara (APN) serta pemenang Pemilihan Petugas Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi dan Rawa Teladan Tingkat Nasional Tahun 2014. Pembukaan acara ini diwakilkan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil. Presiden baru tiba di forum acara itu saat acara berlangsung.

Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan permohonan maaf karena terlambat. ”Ada urusan yang muter-muter sehingga saya telepon Pak Menko Perekonomian, Menteri Pertanian, Menteri Pekerjaan Umum menggantikan saya lebih dahulu satu jam,” kata Presiden di hadapan hadirin.

Pertemuan itu, kata Presiden, untuk memenuhi janjinya saat kunjungan kerja di Subang, Jawa Barat. Saat itu, Presiden mengundang petani datang ke Istana Kepresidenan. ”Masak setiap hari di sawah, sekarang sudah di Istana Negara seperti ini, nanti bisa foto-foto,” kata Presiden.

Selama berlangsung acara, Presiden tidak menyinggung sedikit pun soal suksesi di tubuh Polri. Presiden mengundang para jurnalis untuk berbincang-bincang pukul 14.00 membicarakan rencana penurunan harga bahan bakar minyak dan sejumlah isu yang berkembang, termasuk terkait suksesi pimpinan Polri. Pertemuan di gelar di ruang terbuka antara Istana Merdeka dan Istana Negara.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan belum ada informasi yang bisa diberikan kepada media. ”Belum ada perkembangan apa-apa. Belum ada perkembangan yang belum bisa saya sampaikan. Tadi kami merencanakan pengesahan Dewan Pertimbangan Presiden.

Saat ini sudah ada calon, sekitar 13 orang. ”Nanti akan kami seleksi menjadi sembilan orang. Semua nama ini belum final. Nanti kalau sudah final, saya sampaikan,” kata Pratikno.