Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas.com) "Anggota DPR Perbaiki Dulu Mental dan Kualitas Kerja, Baru Bicara Fasilitas"

12/12/2018



JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat diminta memperbaiki terlebih dahulu mentalitas serta kualitas kerjanya sebelum menuntut penambahan fasilitas. Menurut Direktur Populi Center Nico Harjanto, mahalnya fasilitas yang dituntut tidak sebanding dengan kinerja anggota dewan selama ini. 

"Kita tahu setiap kali ada sidang paripurna, sidang di komisi, panitia kerja, itu sedikit sekali. Memang kuorum tercapai tetapi yang ikut secara fisik dalam sidang itu saya kira lebih sedikit lagi. Saya kira ini harus diperbaiki dulu, mentalitas kerja, perbaiki kualitas kerja, baru kemudian bicara fasilitas," kata Nico di Jakarta, Sabtu (22/8/2015). 

Nico menilai bahwa DPR tidak pantas meminta fasilitas lebih jika mengingat kinerjanya dalam melaksanakan fungsi belum maksimal. Nico mencontohkan kinerja DPR dalam menjalankan fungsi legislasi. 

Sejauh ini, menurut dia, DPR baru mengesahkan dua rancangan undang-undang dari sekian puluh rancangan yang menjadi prioritas tahun ini. 

"Kalau nanti pada dua masa sidang terakhir itu mereka mempercepat semua proses pembahasan, kami justru khawatir mereka membuat Undang-undang itu secara serampangan, tergesa-gesa sehingga ada banyak gugatan, hasilnya tidak bermutu sehingga dibatalkan MK," tutur dia. 

Nico menilai rencana DPR membeli kasur baru untuk rumah dinas DPR dengan anggaran mencapai Rp 12 miliar itu tidak mendesak. Para anggota DPR dinilainya tidak terlalu membutuhkan fasilitas tempat tinggal. Rata-rata anggota Dewan sudah memiliki rumah sendiri di Jakarta. Mereka kerap mengosongkan rumah dinasnya atau memberikan hak tinggal rumah dinas tersebut kepada keluarga, sanak saudara, atau staf ahli masing-masing.

"Demikian hanya dengan anggaran renovasi rumah tinggal yang kita tahu sebagian besar sebenarnya tidak ditinggali. Rumah dinas DPR banyak yang kosong karena banyak anggota DPR di Jakarna ini punya rumah sendiri dan mereka lebih suka tinggal di rumahnya. Rumah dinas itu kosong sehingga hanya diisi oleh sanak saudara, kerabat, atau mungkin stafnya," tutur Nico. 

Sebelumnya, DPR menganggarkan pembelian kasur baru untuk rumah dinas anggota di Kalibata, Ululjami, dan Wisma Griya Sabha.