Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas.com) Ketua DPR Minta Fahri Hamzah Jaga Marwah DPR

12/12/2018



JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR Ade Komarudin (Akom) meminta Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menjaga warwah parlemen.

Hal itu diungkapkan Akom untuk menanggapi sikap Fahri yang memprotes penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantaran membawa personel Brimob dengan senjata laras panjang saat menggeledah ruangan sejumlah anggota DPR.

"Atas kejadian tadi, Pak Fahri harus menjaga marwah dewan," kata Akom, seusai menemui Presiden Joko Widodo, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Akom menuturkan, dirinya telah berkomunikasi dengan Fahri terkait insiden tersebut. Ia pastikan bahwa DPR mendukung penuh upaya pemberantasan korupsi.

Namun, Akom juga meminta Polri untuk ikut menghargai marwah DPR.

"Dewan ini adalah representasi masyarakat Indonesia, lembaga demokrasi, kita tidak mau lembaga demokrasi ini diintervensi pakai senjata karena anggota dewan tidak boleh bawa senjata," ucap Akom.

Selain itu, Akom juga meminta penyidik KPK taat hukum saat melakukan penggeledahan.

Ia mendapat informasi bahwa surat izin penggeledahan hanya dapat dilakukan di ruang anggota Fraksi PDI-P Damayanti Wisnu Putranti. Namun, penyidik KPK melakukan penggeledahan di ruangan lain.

"Silakan mau geledah tapi jangan bawa senjata, seperti mau memberantas teroris. Cuma geledah ke sana dan sesuai tentu surat ya," ucap Akom.