Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(kompascom) Rangkul KIH, Fahri Hamzah Beri Usulan Jumlah Komisi DPR Ditambah 3 Lagi

12/12/2018



Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengusulkan penambahan komisi dalam DPR periode 2014-2019 untuk menampung keinginan fraksi kubu Koalisi Indonesia Hebat yang belum mendapatkan kursi pimpinan di 11 komisi dan alat kelengkapan DPR (AKD) lainnya.

"Saya kira bisa ditambah jumlah komisi. Itu suara terakhir dari teman-teman untuk bisa memimpin AKD. Mungkin bisa ditambah tiga komisi lagi," kata Fahri dalam rapat konsultasi Badan Musyawarah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/11/2014).

Nantinya, kata Fahri, beberapa komisi yang memiliki terlalu banyak mitra kerja bisa dipecah. Fahri mencontohkan Komisi I DPR yang memiliki 15 mitra kerja yang terdiri dari tiga bidang berbeda, yakni pertahanan, luar negeri, dan informatika.

"Kalau ada pemisahan, informasi bisa dikeluarkan misalnya, dan dibuat ke dalam komisi yang baru. Nanti kemitraan bisa fokus," ujar politisi PKS tersebut.

Saat ini, 11 komisi dan alat kelengkapan DPR lain "disapu bersih" oleh Koalisi Merah Putih. Proses pemilihan pimpinan tersebut tetap digelar meski tanpa kehadiran fraksi kubu KIH. (Baca: Ini Susunan Pimpinan Komisi yang Dikuasai Koalisi Merah Putih)

Karena permintaan pembagian pimpinan AKD secara proporsional tidak diakomodasi, fraksi kubu KIH membentuk struktur pimpinan DPR tandingan. Kubu KIH tidak mengakui kepemimpinan DPR yang dikuasai KMP dan akan memilih pimpinan AKD versi mereka.