Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kontan) Mendikbud: Pendidikan berkualitas tak harus mahal

12/12/2018



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, mengaku, mendapat pelajaran penting saat dirinya berkunjung ke Kampung Matematika, di Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/4/2015). Menurutnya, untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas tinggi tidak harus berbiaya tinggi. 

"Ada beberapa pelajaran penting di tempat ini. Pertama, kampung ini terbukti secara otentik bagaimana pendidikan dikerjakan sebagai suatu gerakan. Kita lihat, banyak sekali anak-anak yang belajarnya di teras-teras rumah. Padahal di dalam kampung ini fasilitasnya tidak dibuat khusus untuk sarana pendidikan," ujar Anies.

Kedua, kata Anies, kampung itu berhasil membuat pelajaran matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan. "Ketika suatu pelajaran itu menjadi menyenangkan, maka itu tidak lagi memberatkan. Ini adalah contoh pendidikan yang sebenarnya," katanya. 

Ia berharap, dengan adanya Kampung Matematika di Bogor, akan lahir kampung-kampung lain di Indonesia yang peduli dengan pendidikan. Dia pun memberikan apresiasi kepada para relawan pengajar Kampung Matematika yang menyisihkan waktu mereka untuk berkontribusi mendidik anak-anak yang hanya dibayar seikhlasnya. 

"Tadi saya sempat tanya kepada relawan pengajar. Sebagian ada lulusan sarjana yang sebenarnya mereka bisa melakukan hal lain. Kemudian saya tanya, anda dibayar berapa. Mereka (relawan) jawab, seikhlasnya Pak. Saya salut dan merasa terhormat bisa datang ke sini," kata Anies. (Kontributor Bogor untuk Kontan, Ramdhan Triyadi Bempah)