Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Koran Tempo) BI Usulkan Skema Subsidi BBM Tetap

12/12/2018



Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan lembaganya menyarankan agar pemerintah mengubah skema subsidi bahan bakar minyak. "Lebih baik subsidi itu fix atau ditetapkan, apakah Rp 500, apakah Rp 1.000," katanya di Jakarta, kemarin.

Perry menyatakan Bank Indonesia akan menyampaikan usul resmi kepada pemerintah. Menurut Perry, subsidi tetap akan memberi kepastian ihwal seberapa besar alokasi anggaran dari sisi fiskalnya.

Perry menambahkan, penghematan dari harga BBM akan lebih baik bila dialokasikan untuk kesejahteraan masyarakat. Dengan lebih banyak alokasi anggaran untuk program sosial bagi masyarakat miskin, hal itu akan membantu peningkatan daya beli.

Ia mengatakan, dengan lebih banyaknya alokasi anggaran untuk program sosial bagi masyarakat miskin, daya beli masyarakat dapat terbantu. "Dengan alokasi anggaran kepada pertanian, UMKM, produksi pertanian bisa ditingkatkan dan produksi UMKM bisa ditingkatkan," kata dia.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan pemerintah akan lebih cepat memutuskan kebijakan menaikkan harga BBM bersubsidi. Hal itu bertujuan agar tak menimbulkan kesan pemerintah ragu atas kebijakan ini. "Insya Allah begitu Pak Jokowi tiba di Tanah Air, segera akan diumumkan supaya menghilangkan keragu-raguan," kata Kalla di Istana Wakil Presiden, kemarin.

Menurut dia, saat ini, pemerintah mesti mengkalkulasi besaran kenaikan harga BBM dengan pertimbangan turunnya harga minyak dunia ke level US$ 85 per barel. Fluktuasi nilai tukar rupiah juga harus dihitung. "Memang harus kami hitung ulang," ucap Kalla. Pemerintah meyakini turunnya harga minyak dunia tak akan bertahan lama.