Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Koran Tempo) Jelang Fit & Proper Test di DPR, Badrodin Minta Jokowi Jelaskan Status BG

12/12/2018



Wakil Kepala Kepolisian Komisaris Jenderal Badrodin Haiti meminta Presiden Joko Widodo segera memberikan kejelasan status mantan calon Kepala Polri Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebelum uji kepatutan dan kelayakan terhadap dirinya belum selesai," kata Badrodin. Presiden mencalonkan Badrodin sebagai Kepala Polri setelah Pemberantasan Korupsi menetapkan Budi sebagai tersangka kasus rekening mencurigakan. Sidang praperadilan di Pengadilan Jakarta Selatan ken m dian mencabut status tersangka itu. "DPR menganggap pencalonan Pak BG itu belum dicabut. ada penarikan jelas danmengapa tak dilantik. Itu keinginan DPR," kata Badrodin lagi.

Badrodin mengatakan pemerintah harus segera menjelaskan kenapa pencalonan Budi dicabut,i masalah tak berlarut-larut. Apalagi, kata dia, pencalonan Kapolri adalah proses yang melibatkan berbagai lembaga. "Saya sendiri beranggapan pencalonan saya tidak dipermainkan DPR, tapi mereka lebih mempertanyakan kenapa pelan tikan yang batal tidak dijelaskan alasannya." kata Badrodin. Badrodin tak menganggap kritik Dewan Perwakilan Rakyat berkaitan langsung dengan dirinya. Ia siap mengikuti uji kelayakan dankepatutan pada April nanti. Satu misinya yang hendak ia sampaikan ke DPR adalah memperbaiki profesionalitas polisi yang masih sering dikritik oleh masyarakat. "Terutama para penyidik di jajaran Polres dan Polsek," kata dia.

Meski kasus Budi Gunawan masih dipersoalkan, sebagian fraksi pendukung pemerintah sudah berancang-ancang menerima pencalonan Badrodin. Wakil Fraksi Partai NasDem DPR Johnny G. Plate meminta rekannya tak menunda uji kelayakannya. "Agar segera ada Kapolri delimill," kata Johnny di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Johnny tak menyoalkan catatan rekening gendut yang pernah mengarah ke Badrodin ataupun Budi Gunawan. "Kalau isu itu kembali terbantahkan dengan praperadilan, Kepala Polri terus vakum," kata dia. Apalagi Badrodin hanya 1,5 tahun menjadi Kepala Polri.

 

 

link asli (locked): koran.tempo.co/konten/2015/03/25/368602/Badrodin-Ikut-Meminta-Kejelasan-Status-Budi-Gunawan