Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Koran Tempo) Komisi Agama DPR Setuju Naik haji Cukup Sekali Seumur Hidup

12/12/2018



DPR Dukung Naik Haji Cukup Sekali

Wakil Ketua Komisi Agama Dewan Perwakilan Rakyat, Syamsul Bachri, setuju dengan rencana pemerintah membatasi pelaksanaan ibadah haji cukup satu kali. Menurut dia, Islam hanya mewajibkan seseorang menunaikan ibadah haji satu kali."Kalau sudah berkali-kali, itu perlu diatur," kata Syamsul saat dihubungi kemarin.

Menurut Syamsul, mereka yang sudah beribadah haji dan masih ingin ke Mekah bisa mengambil paket umrah. Pembatasan tersebut, kata Syamsul, bisa memperpendek antrean haji yang kuotanya kini semakin dibatasi oleh pemerintah Arab Saudi. Politikus Partai Golkar ini meminta pemerintah Indonesia memprioritaskanmereka yang belum pernah pergi haji.

Anggota Komisi Agama dari Partai NasDem.Choirul Muna, juga setuju dengan pembatasan tersebut. Tapi dia ingin pemerintah tak hanya memprioritaskan mereka yang berumur 75 tahun yang menunaikan ibadah haji. "Tapi semua orang yang belum pernah naik haji," katanya. Komisi Agama akan membahas lebih lanjut soal prioritas jemaah yang melaksanakan haji. Bisa saja, kata Choirul, ada pengaturan jemaah haji bisa kembali ke Arab setelah menunaikan ibadah serupa 10 tahun sebelumnya.

Pemerintah berencana membatasi kriteria calon haji dan melarang mereka yang sudah pernah naik haji kembali beribadahhaji. Rencananya, pembatasan itu akan ditetapkan dalam peraturan Menteri Agama. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Abdul Jamil, mengimbau mereka yang sudah melaksanakan haji menunda pendaftarannya bila hendak melaksanakan haji lagi.

"Kasihlah toleransi kepada yang belum, demi kemanusiaan," katanya. Menurut dia, saat ini banyak calon haji harus antre lama untuk bisa beribadah ke Mekah. "Bisa sampai 20 tahun antre." Kuota haji dari pemerintah Arab untuk warga Indonesia sebanyak 168.800 orang Uap tahun. Tapi peminatnya bisa mencapai lebih ratusan ribu orang per tahun.