Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Koran Tempo) KPK Lanjutkan Pimpinan DPR Bermasalah

12/12/2018



Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Zulkarnain menyatakan lembaganya akan terus menelusuri kasus korupsi yang diduga melibatkan para anggota Dewan Perwakilan Rakyat periode 2014-2019. KPK tak terpengaruh meskipun anggota DPR tersebut menjadi pimpinan alat kelengkapan DPR. "Kami akan bekerja sesuai prosedur," kata Zulkarnain saat dihubungi kemarin.

KPK kemarin memeriksa anggota DPR periode lalu yang kembali melenggang ke Senayan, Wayan Koster. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi Wisma Atlet. Kasus ini menyeret dua anggota DPR dari Partai Demokrat, M. Nazaruddin dan Angelina Sondakh, ke dalam bui.

Menurut Zulkarnain, apa pun posisi anggota DPR yang terlibatkasus korupsi, KPK akan melanjutkan pengusutannya. Termasuk kasus korupsi proyek Kawasan Pusat Kegiatan Pengembangan dan Pembinaan Terpadu Sumber Daya Manusia Kejaksaan, di Ceger, Jakarta Timur. Perkara ini diduga melibatkan Ketua Komisi Hukum DPR Azis Syamsuddin. "Kami tak terpengaruh," kata Zulkarnain.

Begitu pula dengan penelusuran kasus korupsi yang diduga melibatkan Desmond J. Mahesa. Politikus Partai Gerindra itu disebut oleh ketua panitia lelang proyek simulator pembuatan surat izin mengemudi, Teddy Rusmawan, dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Mei 2013. Menurut Teddy, Desmond menerima duit dari proyek itu. Desmond, yang oleh sejumlah pegiat antikorupsi disebut berupaya melemahkan KPK bersama Azis Syamsudin yang kini menjadi Ketua Komisi III.